Bertahan di Tengah Pandemi, Startup 20FIT Luncurkan Kelas Gym Virtual

Pendapatan pelatih di pusat kebugaran (gym) menurun akibat mewabahnya virus corona. 20Fit pun membuka kelas latihan virtual.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
15 April 2020, 06:22
Bertahan di Tengah Pandemi, Startup 20FIT Luncurkan Kelas Gym Virtual
20fit
Ilustrasi, anggota mengikuti VirtuFIT, layanan yang dibuat dengan konsep one-on-one virtual coaching.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Layanan pelatihan kebugaran ikut terdampak pandemi corona, karena kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat di luar rumah. Startup layanan micro-gym 20FIT pun meluncurkan kelas latihan kebugaran secara virtual bernama VirtuFIT.

Co-Founder sekaligus CEO The FIT Company, yang menaungi 20FIT, Jeff Budiman mengatakan, penutupan studio dan pusat kebugaran akibat mewabahnya virus corona berdampak terhadap penghasilan para pelatih. Saat ini, ada 66 pelatih yang masuk jaringan 20FIT. 

Normalnya, rata-rata pelatih mampu menangani hingga delapan anggota yang berolahraga. Namun, sejak studio dan pusat kebugaran ditutup sementara bulan lalu, jumlah member yang ditangani berkurang. Hal ini memengaruhi pendapatan pelatih.

(Baca: Positif Corona RI 4.839 Kasus, Rekor Tambahan Kematian 60 Orang)

Supaya latihan tetap digelar meski ada penerapan jaga jarak fisik (physical distancing), 20FIT meluncurkan VirtuFIT. "Penghentian sementara operasional studio tidak menghalangi kami untuk menyejahterakan personal coach yang tergabung di 20FIT," kata Jeff dikutip dari siaran pers, kemarin (14/4). 

VirtuFIT dibuat dengan konsep one-on-one virtual coaching, yang memungkinkan anggota berolahraga secara interaktif dengan pelatih tanpa ada kontak fisik. Layanan VirtuFIT dapat diakses melalui aplikasi FITCO.

Di awal peluncurannya, pengguna mendapatkan harga promosi Rp 150 ribu per sesi. Selain kelas virtual, 20FIT menyediakan pilihan olahraga lainnya dari rumah seperti video harian Workout from Home. Ke depannya, kelas olahraga yang ditawarkan semakin beragam.

(Baca: East Ventures Danai Startup Besutan Andien dan Bams, The Fit Company)

20FIT berada di bawah naungan The Fit Company, yang didirikan pada 2014 oleh Jeff Budiman, Prianka Bukit, dan Bambang Bukit atau dikenal Bams, mantan personil Samsons. Sedangkan penyanyi jazz Andien Aisyah terlibat sebagai Co-Founder 20Fit.  

Pada 2017, para pendiri melihat adanya tantangan besar terkait gaya hidup sehat, yakni pola makan. Dari situ, ide mendirikan Fit Gourmet muncul dengan mendirikan restoran penyedia makanan sehat dan rendah kalori bagi masyarakat. 

Pada 2018, The Fit Company mulai mengembangkan sayapnya ke layanan gym konvensional dengan membuka 20FIT Project. Layanan ini hadir perdana di Menara BTPN Kuningan. 

(Baca: Angka Positif Corona di Jakarta Meningkat 582 Kasus sejak 10 April)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait