Shopee Beri Modal Mitra Penjual Terdampak Corona Rp 100 Miliar

Shopee siapkan stimulus Rp 100 miliar untuk membantu penjual terdampak pandemi corona. Salah satunya lewat bantuan modal.
Image title
13 April 2020, 12:56
Gelontorkan Rp 100 Miliar, Shopee Beri Modal Penjual Terdampak Corona
shopee
Pemilik toko @hanifiyah, salah satu pejuang #ShopeeDariRumah yang terdampak pandemi corona.

Shopee memberikan bantuan modal untuk mitra penjual baru dan lama yang terdampak pandemi corona. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini menyiapkan stimulus Rp 100 miliar untuk membantu mitra Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) akibat mewabahnya virus corona.

Bantuan itu diberikan agar mitra penjual dapat menjaga keberlangsungan bisnisnya. "Kegiatan ekonomi mitra UMKM bisa tetap terjaga," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam siaran pers, Senin (13/4). 

Untuk mitra penjual lama, Shopee berikan tambahan modal Rp 1 juta dalam bentuk voucher. Lalu mitra penjual baru akan mendapat bantuan modal awal hingga Rp 1 juta, serta kredit iklan Rp 150 ribu. Selain itu, tak dipungut biaya terkait program Gratis Ongkir Xtra.

Untuk semua mitra penjual, Shopee memberikan potongan biaya administrasi 30% terhadap berbagai layanan. Berdasrkan data kuartal IV tahun lalu, jumlah penjual aktif Shopee di Indonesia mencapai lebih dari 3 juta.

Advertisement

(Baca: Shopee Target Transaksi Naik 300% Lebih Saat Ramadan meski Ada Pandemi)

Selain itu, perusahaan menggelar program Tunjangan Hari Raya (THR) dengan total hadiah Rp 10 miliar bagi pengguna. Untuk mendapat insentif ini, konsumen harus bermain Shopee Tanam. THR berlaku selama periode kampanye Big Ramadhan Sale. 

Pada Ramadan tahun ini, Shopee menargetkan lonjakan transaksi lebih dari 300% meski sedang ada pandemi corona. "Tentunya, tahun ini kami menargetkan lebih tinggi dibanding tahun lalu," kata Handhika, pekan lalu (8/4).

Biasanya, produk yang paling diminati selama Ramadan hingga Lebaran yakni busana muslim, fashion wanita, dan kecantikan. Handhika memperkirakan, trennya sedikit berubah pada tahun ini.

Bahan pokok, kebutuhan sehari-hari, sabun cuci tangan, dan peralatan medis seperti masker dan sarung tangan diprediksi tetap diminati hingga Lebaran.  (Baca: PSBB Berlaku, Tokopedia hingga Bukalapak Antisipasi Lonjakan Transaksi)

Untuk barang-barang kebutuhan pokok itu, Shopee beri subsidi ongkir dan diskon. Pengguna baru juga bisa dapatkan saldo ShopeePay gratis.

Handhika memastikan bahwa harga produk-produk yang dijual di platform-nya wajar. "Kami berusaha untuk selalu menjaga harganya agar bisa dibeli masyarakat," ujar dia.

Selain itu, bagi karyawannya baik sebagai kurir dan pekerja gudang, Shopee berikan penyediaan masker, multivitamin, obat-obatan, hand sanitizer, dan
disinfektan. 

(Baca: Beda Strategi Shopee dan Tokopedia Sambut Ramadan di Tengah Pandemi)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait