PSBB Berlaku, Tokopedia hingga Bukalapak Antisipasi Lonjakan Transaksi

Cindy Mutia Annur
9 April 2020, 06:00
Tokopedia hingga Bukalapak Antisipasi Lonjakan Transaksi Imbas PSBB
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Pemerintah bakal menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta mulai Jumat (10/4) nanti. Perusahaan e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Blibli mengantisipasi kemungkinan transaksi melonjak akibat kebijakan ini.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menyebutkan, jumlah mitra penjual di platform-nya lebih dari 7,6 juta. Ia mengklaim, harga 250 juta produk yang diperdagangkan transparan, termasuk bahan pangan, produk kesehatan dan lainnya.

Sejak ada pandemi corona di Indonesia, Tokopedia mencatat peningkatan transaksi produk kesehatan dan kebutuhan pokok. Walaupun tidak memprediksi dampak PSBB terhadap penjualan, perusahaan mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan permintaan seperti selama ini.

“Menanggapi Covid-19 dan segala dampaknya termasuk potensi karantina wilayah, walau akan ada perubahan operasional layanan pengiriman untuk beberapa daerah yang menerapkan PSBB, kami akan terus bekerja sama dengan para mitra logistik,” kata Nuraini kepada Katadata.co.id, Rabu (8/4). Hal ini untuk memastikan pengiriman barang sesuai pesanan.

Ia juga menjamin pengiriman barang sesuai dengan protokol yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. (Baca: Jawa Barat Resmi Ajukan PSBB untuk Wilayah Depok, Bogor dan Bekasi)

Perusahaan juga memastikan ketersediaan produk dan harganya tetap wajar. “Kami memotong biaya layanan 100% untuk penjual di kategori produk kesehatan dan kebutuhan pokok lain,” kata dia.

Bukalapak juga enggan berkomentar perihal kemungkinan permintaan meningkat akibat PSBB. Namun, penjualan produk Kesehatan melonjak sejak virus corona mewabah.

“Kami akan terus memastikan kebutuhan masyarakat akan bahan pokok dan produk kesehatan dapat terpenuhi dan diakses dengan mudah. Tentunya dengan harga yang tetap wajar,” kata Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono.

(Baca: Aturan Rinci PSBB Jakarta yang Berlaku Mulai 10 April 2020)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...