Shopee Target Transaksi Naik 300% Lebih Saat Ramadan meski Ada Pandemi

Shopee menargetkan transaksi melonjak 300% lebih saat Ramadan. Meskipun pendapatan sebagian masyarakat turun akibat pandemi corona.
Cindy Mutia Annur
8 April 2020, 16:03
Shopee Target Transaksi Naik 300% Lebih Saat Ramadan meski Ada Pandemi
shopee
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja (kiri) saat konferensi pers online, Rabu (8/4).

Shopee menargetkan transaksi melonjak lebih dari 300% saat Ramadan nanti. Selain fashion, produk kesehatan diprediksi bakal diminati konsumen selama bulan puasa akibat pandemi corona.

Perusahaan e-commerce asal Singapura itu optimistis penjualan akan tetap tinggi selama Ramadan, meski ada pandemi corona. Walaupun, beberapa perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga memangkas gaji pegawai.

"Tentunya, tahun ini kami menargetkan lebih tinggi dibanding tahun lalu,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat konferensi pers online, Rabu (8/4). Pada Ramadan tahun lalu, transaksi di platform Shopee meningkat 300% dibanding periode yang sama pada 2018.

(Baca: Transaksi Shopee Melonjak 300% Selama Ramadan)

Advertisement

Biasanya, produk yang paling diminati selama Ramadan hingga Lebaran yakni busana muslim, fashion wanita, dan kecantikan. Handhika memperkirakan, trennya sedikit berubah pada tahun ini.

Bahan pokok, kebutuhan sehari-hari, sabun cuci tangan, dan peralatann medis seperti masker dan sarung tangan diprediksi tetap diminati hingga Lebaran.

Handhika memastikan bahwa harga produk-produk yang dijual di platform-nya wajar. "Kami berusaha untuk selalu menjaga harganya agar bisa dibeli masyarakat," ujar dia. 

(Baca: Kondisi Sulit, HIPMI Minta Pemerintah Buat Aturan Tunda Pembayaran THR)

Pada Ramadan kali ini, Shopee menawarkan tiga promosi. Pertama, bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) total Rp 10 miliar melalui fitur gim Shopee Tanam. Kedua, gratis ongkos kirim tanpa minimum transaksi.

Ketiga, Pasti Diskon 50% untuk barang-barang tertentu. Kampanye Big Ramadhan Sale #ShopeeDariRumah ini akan berlangsung sejak 6 April hingga 25 Mei 2020.

Pada ramadan tahun ini, Shopee kembali menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk menyediakan layanan zakat dan donasi online. "Tahun ini, kami mencatat 20% penyaluran zakat kami berasal dari saluran digital,” kata Direktur Utama Baznas M Arifin Purwakananta.

Tahun lalu, Shopee mencatat total zakat dan donasi yang dikumpulkan mencapai Rp 351,2 juta selama April hingga 29 Mei 2019. Dana tersebut disalurkan melalui Baznas dan Parongpong.

(Baca: Meski Bisnis Terdampak Corona, Pengusaha Tetap Wajib Bayar THR Pekerja)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait