Pengangguran di AS Melonjak, Netflix hingga Apple TV Gratiskan Layanan

Jumlah pengangguran di AS mencapai rekor tertinggi sejak 2007. Karena pendapatan warga anjlok akibat pandemi, Netflix hingga Apple TV beri layanan gratis.
Image title
6 April 2020, 15:38
Pengangguran di AS Melonjak, Netflix hingga Apple TV Gratiskan Layanan
Google Play Store
Ilustrasi Netflix

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Jumlah pengangguran di Amerika Serikat (AS) melonjak menjadi lebih dari 10 juta orang karena pandemi corona. Beberapa perusahaan penyedia jasa video streaming seperti Netflix hingga Apple TV pun menggratiskan layanannya.

Chief Executive Officer Instagram Adam Mosseri mengatakan, konsumsi internet meningkat selama pandemi corona. “Lebih banyak konten baru, jika masyarakat di rumah selama beberapa bulan,” kata Adam dikutip dari CNBC International, kemarin (5/4).

Perusahaan komunikasi AS Comcast mencatat, trafik meningkat 32% selama bulan lalu. Konsumsi internet untuk video streaming naik 38%.

(Baca: Transaksi Naik, Hooq, iFlix, Viu dan GoPlay Beri Diskon Work from Home)

Begitu juga dengan Verizon yang mencatatkan kenaikan penggunaan internet untuk menonton video naik 32% dibanding hari biasanya. Sedangkan media sosial yang paling banyak digunakan yakni YouTube, Facebook, dan Instagram.

“Kebutuhan untuk terhubung dengan orang yang Anda kenal akan terus ada. Kebutuhan untuk dihibur akan terus ada. Tetapi waktu distribusi antara satu dan yang lainnya akan bergeser," kata Mosseri.

Hanya, pendapatan masyarakat menurun akibat mewabahnya virus corona. Biro Statistik Tenaga Kerja AS mencatat bahwa jumlah pengangguran di AS mencapai rekor tertinggi sejak Agustus 2017 dalam kurun waktu sebulan.

CEO WarnerMedia Outgoing dan Chief Operating Officer AT&T John Stankey sempat memperkirakan adanya perang antarpenyedia layanan video on demand (VoD). Namun, sejauh ini mereka hanya berfokus pada layanan berbayar.

(Baca: Google Sediakan WiFi Gratis di AS Akibat Pandemi, Di Indonesia Kapan?)

Netflix pun sempat menyampaikan bahwa pesaing terbesarnya yakni tidur. Walaupun, perusahaan telah lebih dari 160 juta konsumen global dan sekitar 60 juta pelanggan di AS.

Karena itu, Netflix sudah memiliki kesepakatan dengan T-Mobile untuk memberikan layanan gratis selama 90 hari bagi pengguna yang mendaftar pada bulan ini. Begitu juga dengan Fox.

Selain itu, HBO mengumumkan akan membuat lebih banyak acara gratis selama sebulan. Perusahaan kini memiliki sekitar 35 juta pelanggan di Negeri Paman Sam dan sekitar 140 juta di seluruh dunia.

Verizon bahkan mengembangkan serial hiburan streaming mingguan tanpa dipungut biaya. Disney+ juga memberikan layanan gratis selama setahun untuk beberapa pelanggan Verizon. Disney memiliki hampir 30 juta pengguna di AS.

Lalu, pelanggan AT&T yang sudah berlangganan HBO semuanya akan mendapatkan HBO Max secara gratis. Begitu juga dengan Apple TV+ memberikan layanan gratis selama setahun untuk pelanggan yang membeli perangkat baru Apple.

(Baca: Kominfo Dukung Sri Mulyani Pungut Pajak Zoom dan Netflix Saat Pandemi)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait