BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee, Hanya 50 Ribu

BNBP mengaku baru menerima 50 ribu masker dari total 100 ribu yang dijanjikan Shopee. Startup e-commerce asal Singapura itu pun memberikan klarifikasi.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
6 April 2020, 14:18
BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee, Hanya 50 Ribu
BNPB
Tenaga Ahli Bidang Media Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Egy Massadiah

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meluruskan pemberitaan bahwa Shopee menyumbangkan 1 juta masker. Yang benar, BNPB baru menerima 50 ribu lembar dari perusahaan e-commerce tersebut.

Startup asal Singapura itu memang berencana menyumbangkan total 100 ribu masker kepada BNPB. “Faktanya, per hari ini, BNPB hanya menerima 50 ribu masker,” kata Tenaga Ahli Bidang Media BNPB Egy Massadiah dalam siaran pers, Senin (6/4).

Sedangkan sisanya akan diberikan kepada BNPB secara berkala hingga akhir bulan ini. Dari total 1 juta masker, sebanyak 900 ribu didistribusikan melalui aplikasi Shopee dalam bentuk subsidi transaksi.

(Baca: Startup-startup yang Panen Transaksi dan Rugi Akibat Pandemi Corona)

Egy khawatir, pemberitaan yang menyebutkan bahwa Shopee menyumbangkan 1 juta masker kepada BNPB akan menimbulkan persepsi yang keliru. “Karena sampai hari ini tidak ada ralat dari Shopee, maka saya berkepentingan untuk meluruskan supaya masyarakat mengerti situasi sebenarnya,” katanya.

Kendati demikian, ia mengapresiasi perusahaan dan pihak manapun yang membantu percepatan penanganan pandemi corona. “Yang saya minta, jika merasa harus memberitakan bantuan, maka sampaikan dengan benar,” ujar Egy.

Sebelumnya, Shopee menyampaikan bahwa perusahaan mendonasikan masker kepada dokter dan tenaga medis lainnya melalui BNPB dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Selain donasi, bantuan yang diberikan berupa subsidi harga masker.

(Baca: Seperti Tokopedia, E-Commerce Lain Blokir Penjual Nakal di Masa Corona)

Total donasi dan subisidi yang diberikan oleh Shopee yakni 1 juta masker. Dalam pernyataan resminya, Shopee mengatakan tidak memerinci alokasi distribusi masker tersebut.

Namun, Shopee membenarkan bahwa 50 ribu masker sudah diterima BNBP dan sisanya akan disalurkan bertahap hingga akhir April. "Dari 1 juta masker yang sedang dalam proses impor, 100 ribu akan didonasikan melalui BNPB dan 900 ribu sisanya didistribusikan melalui aplikasi Shopee dengan bentuk subsidi transaksi," demikian dikutip dari siaran resmi Shopee, Senin (6/4).

“Kami berharap, donasi dan subsidi 1 juta masker yang diberikan bisa sedikit meringankan dan membantu penyembuhan pasien beserta orang-orang di sekitarnya yang terdampak pandemi ini,” kata Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo.

Melalui aplikasinya, Shopee memang mengampanyekan donasi sejuta masker. Pengguna pun diajak ikut berdonasi melalui aplikasinya itu.

Selain masker, Shopee sudah berdonasi Rp 1 miliar kepada Palang Merah Indonesia (PMI) melalui Yayasan BenihBaik. Hal ini juga untuk menanggulangai wabah virus corona di Tanah Air.

(Baca: Shopee Andalkan Algoritma untuk Tekan Lonjakan Harga Masker Kesehatan)

 (REVISI: Paragraf 7 dan 8, setelah ada tanggapan dari Shopee)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait