Akun Pelapak E-Commerce yang Jual Gula Mahal Diblokir dan Izin Dicabut

Fahmi Ahmad Burhan
20 Maret 2020, 19:15
Jual Gula Mahal, Akun Pelapak E-Commerce Diblokir dan Dicabut Izin Usaha
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, warga membeli beras dan gula di stand bulog yan tersedia di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat, ada pelapak di e-commerce yang menaikkan harga gula hingga 70% dibanding harga eceran tertinggi (HET). Startup seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan Shopee mengatakan, bakal menangguhkan (takedown) akun mitra penjual ‘nakal’.

Senior Vice President Trade Partnership Blibli Fransisca K Nugraha mengaku, perusahaan rutin memeriksa harga yang naik tidak wajar di platform-nya. Pedagang yang ketahuan menjual harga di atas batas wajar akan diberi peringatan.

“Kemudian bisa dilakukan penangguhan dari produk yang dijual agar tidak dapat diakses publik," kata Fransisca kepada Katadata.co.id, Jumat (20/3). (Baca: Beberapa E-Commerce Batasi Pembelian Sembako dan Alat Kesehatan)

Sejak awal pekan ini (16/3), Blibli juga menerapkan pembatasan pembelian produk sensitif seperti hand sanitizer, cairan antiseptik, masker, dan bahan pokok dibatasi. Hal ini untuk memastikan ketersediaan produk dan harga.

Hal senada disampaikan oleh Head of Corporate Communications Bukalapak Intan Wibisono. "Pelapak yang dilaporkan para pembeli karena menaikkan harga barang secara tidak wajar akan segera di-takedown," ujar Intan.

Kebijakan itu berlaku untuk semua jenis produk, termasuk masker, hand sanitizer dan alat-alat kesehatan lainnya. Perusahaan juga memastikan rutin mengawasi harga produk di platform-nya.

(Baca: Kemendag akan Cabut Izin Pelapak di E-Commerce yang Jual Gula Mahal)

Sedangkan Tokopedia menyiapkan beragam sanksi bagi penjual yang terbukti melanggar syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku. "Seperti pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, penutupan toko, serta tindakan lain sesuai prosedur," ujar Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak.

Hal serupa dilakukan oleh Shopee. Public Relations Shopee Aditya Maulana Noverdi mengatakan, ada tim khusus yang menyaring daftar produk secara berkala. Penyaringan dilakukan menggunakan algoritma yang mengacu harga pasar.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...