1 Juta Konsumen Ruangguru Pakai Kuota Gratis, Trafik Telkomsel Meroket

Unduhan aplikasi Ruangguru bahkan melampaui TikTok dan WhatsApp. Pasca-pengumuman kuota gratis, trafik internet Telkomsel melonjak.
Desy Setyowati
19 Maret 2020, 11:42
1 Juta Konsumen Ruangguru Pakai Kuota Gratis, Trafik Telkomsel Meroket
telkomsel
Ilustrasi MyTelkomsel yang menawarkan kuota internet gratis 30 GB untuk layanan belajar online.

Lebih dari 1 juta pengguna Ruangguru memanfaatkan fasilitas kuota gratis 30 Gigabyte (GB) dari Telkomsel hingga Selasa (17/3). Perusahaan telekomunikasi milik negara itu pun mencatat trafik internet untuk belajar online melonjak. Kuota gratis diberikan dalam rangka mendukung belajar dari rumah guna menekan penyebaran virus corona.

Secara keseluruhan, trafik komunikasi payload untuk layanan berbasis data dan digital alias internet meningkat 5% dibanding periode sebelum pengumuman kuota gratis. Khusus untuk belajar online saja, trafik datanya melonjak 236%. 

Sedangkan trafik data untuk aplikasi percakapan naik 19%, gim online  13% dan layanan digital berbasis cloud storage atau penunjang sistem aplikasi meningkat 10,4%. Trafik payload lainnya seperti layanan content provider, digital advertising, video streaming, dan meramban (browsing) masing-masing naik 8,2%, 7,5%, 7,3%, dan 5,2%.

(Baca: Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Pengguna Ruangguru Efek Corona)

Advertisement

Pengguna di Jawa Barat menyumbang kenaikan trafik payload terbesar, kontribusinya 7,9% terhadap total peningkatan. Kontribusi daerah lainnya yakni Jawa Tengah (6,9%), Jawa Timur (5%), Sumatera Bagian Tengah (4,7%), dan Sumatera Bagian Selatan (4.2%).

“Telkomsel akan terus memantau pergerakan trafik layanan telekomunikasi,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam siaran pers, Kamis (19/3).

Perusahaan telah melakukan beberapa upaya untuk mengamankan trafik jaringan. Di antaranya menyiapkan kapasitas tambahan, serta memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.

Hal itu untuk memastikan kenyamanan pelanggan menikmati ragam layanan digital lifestyle Telkomsel seperti aplikasi video on demand MAXStream, streaming lagu LangitMusik, serta layanan Dunia Games.

(Baca: Ruangguru, Zenius dan Quipper Beri Layanan Belajar Gratis Efek Corona)

Pada awal pekan lalu (16/3), Telkomsel dan Ruangguru memang bekerja untuk menyediakan layanan belajar online dengan kuota internet gratis. Dalam sehari, startup pendidikan itu mencatat, lebih  dari 1 juta pengguna memanfaatkan fasilitas tersebut.

Bahkan, unduhan aplikasi Ruangguru berada peringkat pertama Google Play Store di Indonesia pada Selasa (17/3) lalu. Jumlah unduhan itu mengalahkan WhatsApp dan TikTok. 

“Kami kaget dan juga terharu bahwa pada hari pertama dibukanya  Sekolah Online Ruangguru Gratis sudah lebih dari satu juta siswa di Indonesia yang merasakan manfaat dari layanan terbaru kami,” kata Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara dalam siaran pers.

Pelajar bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis mulai dari Pukul 08.00-12.00 WIB. Perusahaan menyediakan 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.

(Baca: Dukung Aturan Kerja di Rumah, Telkomsel hingga XL Jamin Internet Aman)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait