Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Pengguna Ruangguru Efek Corona

Presiden Jokowi mengimbau siswa dan mahasiswa belajar di rumah terkait virus corona. Telkomsel gratiskan kuota internet 30 GB bagi pengguna Ruangguru.
Image title
16 Maret 2020, 13:13
Telkomsel Gratiskan Kuota 30 GB untuk Pengguna Ruangguru Efek virus Corona
Telkomsel
Ilustrasi platform MyTelkomsel

Startup di bidang pendidikan, Ruangguru bekerja sama dengan Telkomsel memberikan kuota internet gratis 30 Gigabyte (GB) bagi pengguna untuk mengakses materi belajar di aplikasi. Hal ini lantaran pemerintah meminta agar proses belajar-mengajar dilakukan di rumah guna meminimalkan penyebaran virus corona.

Kuota gratis itu berlaku selama sebulan. Pendiri sekaligus CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengatakan, perusahaan juga meluncurkan  program Sekolah Online Ruangguru Gratis mulai hari ini.

Program tersebut dimulai pada Pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dan tersedia di 15 kanal pada platform live teaching. Melalui program ini, pengguna akan menerima beragam materi pelajaran.

Selain live teaching, Ruangguru menyiapkan fitur lain seperti percakapan (chat) dan live kuis. Siswa yang belajar di rumah juga bisa mengerjakan soal di fitur bank soal dan try out secara gratis.

Advertisement

(Baca: Antisipasi Corona, Nadiem Makarim Dukung Kebijakan Meliburkan Sekolah)

Tidak hanya siswa, Ruangguru menyediakan pelatihan guru online dengan modul, bank soal dan lainnya secara gratis. "Ruangguru sangat concern terhadap dampak wabah covid-19. Banyak sekolah ditutup sementara di Jakarta, Depok, Bandung, Banten. Kami dapatkan laporan juga di Yogyakarta," ujar Belva saat konferensi pers di Jakarta, Senin (16/3).

Karena itu, Ruangguru mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan permintaan layanan seiring adanya kebijakan belajar di rumah. Belva mengklaim, fitur live streaming bisa mengakomodir ratusan ribu pengguna.

“Kami siapkan dari semakin banyaknya sekolah menerapkan itu (belajar di rumah). Kami sudah bisa tangani 4 juta pengguna sekaligus," ujar Belva.

Ia berharap, perusahaannya bisa bekerja sama dengan perusahaan telekomunikasi lainnya dalam menyediakan akses internet gratis. (Baca: Cegah Covid-19, Jokowi: Saatnya Bekerja, Belajar dan Ibadah dari Rumah)

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, kerja sama dengan Ruangguru merupakan salah satu upaya mendukung kebijakan pemerintah meminimalkan penyebaran virus corona. “Untuk memastikan proses belajar para siswa tetap dapat dilakukan efektif selama masa penerapan sistem belajar jarak jauh di berbagai daerah,” katanya dalam siaran pers.

(Baca: Dukung Program Nadiem, Ruangguru Terima Magang & Rekrut Mahasiswa UNP)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait