Saingi Netflix, Gojek Gaet Sutradara ‘Dua Garis Biru’ Lewat GoPlay

Sutradara film Dua Garis Biru, Gina S Noer akan menulis cerita serial Saiyo Sakato di platform VoD Gojek, GoPlay.
Cindy Mutia Annur
24 Januari 2020, 20:35
Saingi Netflix, Gojek Gaet Sutradara ‘Dua Garis Biru’ Lewat GoPlay
Katadata/cindy mutia annur
Vice President Marketing GoPlay Sasha Sunu bersama para showrunner dan pemain serial GoPlay Original \'Saiyo Sakato\' di Jakarta, Jumat (24/1).

 

Gojek menggandeng penulis sekaligus sutradara film Dua Garis Biru Gina S Noer untuk meluncurkan serial baru di platform GoPlay. Melalui layanan video on demand (VoD) itu, Gojek bersaing dengan Netflix hingga iFlix.

Gina S Noer akan menulis cerita serial di GoPlay berjudul 'Saiyo Sakato’. Dalam bahasa Minang, Saiyo Sakato berarti seiya sekata. Serial ini mengangkat isu poligami, yang dibalut unsur komedi.

Vice President Marketing GoPlay Sasha Sunu mengatakan, keterlibatan Gina merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memperluas pasar. “Kami ingin menghadirkan cerita-cerita yang multiple genre," ujar Sasha saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (24/1).

Advertisement

Untuk itu, GoPlay bakal meluncurkan lebih banyak film dan serial dengan genre yang lebih beragam, seperti crime-thriller dan drama romantis.  (Baca: Saingi Iflix hingga Netflix, Gojek Perkuat GoPlay dengan Konten Lokal)

Strategi kedua, GoPlay bekerja sama dengan lebih banyak sineas dan rumah produksi (production house/PH) lokal, salah satunya Gina. Dengan begitu, perusahaan berharap bisa menjangkau lebih banyak pengguna.

Hanya, Sasha enggan memerinci jumlah pengguna GoPlay sejak diluncurkan pada September 2019 lalu. "Kami melihat trennya masih positif. Terus meningkat jumlah penontonnya juga, terutama di series original," ujarnya. 

Menurut dia, potensi pasar VoD di Indonesia sangat besar. Sebab, setengah dari penduduknya memiliki ponsel pintar (smartphone).

(Baca: Disuntik Modal Ventura Jepang Rp 709 Miliar, Anime Bakal Ada di Gojek)

Pesaing GoPlay yakni Netflix pun mencatatkan peningkatan jumlah pengguna. Berdasarkan data Statista, pengguna Netflix di Indonesia diperkirakan naik 88% dari 481.450 tahun lalu menjadi 906.810 pada 2020.

Pada Oktober 2019, GoPay juga mendapat investasi US$ 50 juta atau sekitar Rp 709,2 miliar dari Cool Japan Fund. Dengan begitu, konten asal Negeri Sakura seperti Anime akan hadir di GoPlay.

Namun, GoPlay mengaku bakal berfokus pada pengembangan film dan serial lokal. "(Investasi) ini tidak akan membawa banyak perubahan. Karena dalam setahun ini yang kami produksi film dan series lokal semakin banyak," ujar dia.

(Baca: Perkuat Bisnis Konten, Gojek Akan Rilis 3 Video Serial Lokal di GoPlay)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait