Rambah Bisnis Periklanan, Gojek Gandeng Perusahaan Teknologi Asal AS

Desy Setyowati
22 Januari 2020, 13:44
Rambah Bisnis Periklanan, Gojek Gandeng Perusahaan Teknologi Asal AS
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, logo baru gojek

Gojek menggandeng perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), The Trade Desk untuk merambah bisnis periklanan. Melalui kerja sama eksklusif ini, decacorn Tanah Air itu berfokus memberikan pemahaman terkait pemasaran online to offline (O2O).

VP Merchant Research and Analytics Gojek Pulkit Khanna mengatakan, bentuk kerja sama dengan The Trade Desk yakni pemahaman mendalam bagi para pengiklan (advertiser) mengenai dampak kampanye pemasaran online terhadap penjualan offline. Menurut dia, hal ini dapat meningkatkan efisiensi dalam pengambilan keputusan pemasaran.

Dengan begitu, perusahaan bisa mendorong pertumbuhan bisnis. “Pengiklan di platform The Trade Desk bisa memanfaatkan pemahaman yang didapat dari Gojek untuk mengukur dan meningkatkan efektivitas kampanye pemasarannya,” kata dia dalam siaran pers, Rabu (21/1).

Ia mengklaim, solusi pengukuran O2O pemasaran itu merupakan yang pertama di Asia Tenggara, diawali dari Indonesia. Pulkit menyampaikan, perusahaan berfokus mengatasi friksi di kehidupan sehari-hari. Caranya, menghubungkan konsumen dengan penyedia barang dan jasa di pasar.

(Baca: Gojek Klaim Sudah pada Jalur yang Tepat Untuk Mulai Mencetak Profit)

Gojek bekerja bersama The Trade Desk untuk mengukur dampak iklan online menggunakan transaksi aktual melalui gerai, bukan data berbasis cookie. Karena itu, perusahaan penyedia layanan on-demand ini  mengaitkan transaksi online dan offline dalam aplikasi Gojek dengan solusi iklan The Trade Desk.

Pemahaman itu mencakup pembelian melalui aplikasi Gojek, seperti layanan pesan-antar makanan GoFood hingga transaksi di outlet mitra penjual (merchant) dengan pembayaran GoPay.

Pemasar dapat menghubungkan penjualan dengan kampanye iklan yang bersangkutan melalui solusi pemasaran O2O itu. Caranya, dengan memanfaatkan kemampuan atribusi offline untuk mendapatkan analisis terkait efektivitas kampanye.

“Kami senang dapat bermitra dengan Gojek, perusahaan pelopor model super app, untuk menghadirkan solusi pengukuran O2O di Asia Tenggara,” kata

(Baca: Pendapatan Naik 2 Kali Lipat, Gojek Ungkap Kinerja 5 Layanan pada 2019)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...