East Ventures Investasi di Startup E-Commerce Sepeda Motor, Moladin

Moladin mengembangkan fitur anyar seperti penjualan mobil baru dan pembiayaan untuk pembelian sepeda motor.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
17 Januari 2020, 12:53
East Ventures pimpin Investasi di Startup E-Commerce Sepeda Motor, Moladin
east ventures
Ilustrasi, tim Moladin.

Perusahaan modal ventura, East Ventures memimpin pendanaan Pra-Seri A di startup e-commerce terkait sepeda motor Moladin. Cyber Agent Capital juga terlibat dalam investasi tersebut.

Pada 2018, East Ventures bersama Berjaya Group dan Ethos Partners menanamkan modal US$ 1,2 juta atau Rp 17,1 miliar di Moladin. Kali ini, Moladin ingin menggunakan dana segar itu untuk meningkatkan produk dan memperluas pasar.

Salah satunya, Moladin ingin mengembangkan fitur-fitur anyar di platform-nya seperti kategori penjualan mobil baru dan pembiayaan untuk pembelian sepeda motor. Perusahaan rintisan ini juga bakal ekspansi ke beberapa kota.

"Sejak pertama berdiri, Moladin tidak pernah berhenti memperbarui produk dan berinovasi dalam menghadirkan solusi bagi kebutuhan setiap bikers di Indonesia," kata COO Moladin Mario Tanamas dalam siaran pers, kemarin (16/1).

(Baca: East Ventures Suntik Modal Rp 17,1 Miliar ke Platform Jual Beli Motor)

Moladin berfokus menyediakan layanan end-to-end, mulai dari pencarian produk hingga pembayaran dalam satu platform. Karena itu, mereka menyediakan fitur informasi seputar sepeda motor, suku cadang hingga direktori bengkel untuk servis terdekat.

"Visi Moladin menjadi one-stop solution platform dan bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup bikers Indonesia," kata Mario.

Pada Mei 2019, perusahaan membuka layanan untuk sepeda motor bekas. Dalam tujuh bulan, lebih dari 8 ribu sepeda motor terdaftar di fitur itu dan sepertiganya telah terjual.

Perusahaan juga mulai memfasilitasi pinjaman tunai dengan jaminan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) pada Desember 2019. Moladin juga sudah menyalurkan US$ 60 ribu atau sekitar Rp 818,4 juta melalui fitur tersebut.

Nilai transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) Moladin pun naik dua kali lipat dalam setahun terakhir. (Baca: East Ventures Pimpin Investasi Tahap Awal di Fintech Pinjaman, Komunal)

Secara keseluruhan, angka penjualan sepeda motor di Indonesia mencapai 6,5 juta unit pada 2019. Jumlah itu naik sekitar 2% dibanding tahun sebelumnya. Rencananya, pemerintah ingin meningkatkan produksi sepeda motor hingga 10 juta unit per tahun hingga 2025.

Partner East Ventures Melisa Irene optimistis Moladin bisa menjadi pemimpin industri ini. Menurut dia, tim Moladin menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dalam dua tahun terakhir.

“Kami yakin Moladin dapat merevolusi proses pembelian sepeda motor dan menjadi platform all-in-one nomor satu di dunia sepeda motor,” kata Managing Director dari Cyber Agent Capital Nobuaki Kitagawa.

(Baca: Sinar Mas & East Ventures Investasi Rp 110 M di Startup Katering Lokal)

Disclaimer: East Ventures merupakan salah satu investor Katadata.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait