Perluas Pasar di Indonesia, Alibaba Gaet 40 Perusahaan Lokal Lebih

Fahmi Ahmad Burhan
16 Januari 2020, 18:33
Perluas Pasar di Indonesia, Alibaba Gaet lebih dari 40 Perusahaan Lokal
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song
Ilustrasi, logo Alibaba Group terlihat di kantor pusat perusahaan tersebut di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China, Senin (18/11/2019).

Perusahaan asal Tiongkok, Alibaba Cloud menggaet lebih dari 40 korporasi lokal untuk memperluas pasar di Indonesia. Mereka membentuk ekosistem dalam program aliansi mitra.

Program ini bertujuan mempromosikan adopsi komputasi awan (cloud) dan inteligensi data pada berbagai macam bisnis dan skala. “Tahun lalu capaian pelanggan melebihi ekspektasi,” kata General Manager Alibaba Cloud Indonesiaku Leon Chen di Jakarta, Kamis (16/1).

Dua perusahaan telekomunikasi besar Indonesia yang masuk program itu yaitu Telkom dan Indosat. Kali ini, perusahaan teknologi itu mengumumkan kerja sama dengan Adira Finance, JNE Express, dan MNC Group.

Startup di sektor e-commerce seperti Tokopedia juga sudah memanfaatkan layanan Alibaba Cloud. Sedangkan perusahaan rintisan di bidang teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) yang menjadi konsumen yaitu Kredivo dan Akulaku. Begitu juga dengan Ruangguru.

(Baca: Bernilai Rp 7.980 Triliun, Alibaba Perusahaan Paling Berharga di Asia)

Meski begitu, Alibaba Cloud mengaku tidak menargetkan jumlah pengguna pada tahun ini. "Untuk target, yang pasti kami tidak membatasi diri untuk terus membuka peluang perusahaan menjadi konsumen. Selama ini sudah lebih dari yang diharapkan," kata dia.

Alibaba Cloud pun menawarkan produknya melalui program aliansi mitra itu. Perusahaan asal Tiongkok itu juga mengadakan workshop, supaya adopsi komputasi awan meningkat di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...