OJK Kaji Aturan Modal Ventura, Asosiasi Berharap Keringanan Pajak

Asosiasi Modal Ventura berharap, pelaku usaha bisa berinvestasi di startup, bukan hanya UMKM. Mereka juga menginginkan keringanan pajak.
Image title
Oleh Fahmi Ahmad Burhan
7 Januari 2020, 15:37
OJK Kaji Aturan Modal Ventura, Asosiasi Berharap Keringanan Pajak
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, pengunjung melihat alat teknologi robot pada Pameran Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) 2019 bertema Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Jakarta Convention Center, Kamis (3/10/2019).

Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) membenarkan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah mengkaji regulasi terkait industri ini. Asosiasi berharap, ada keringanan pajak bagi modal ventura yang berinvestasi di startup.

Saat ini, sudah ada Peraturan OJK (POJK) Nomor 34/POJK.05/2015 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Modal Ventura. Namun, sepengetahuan Wakil Ketua Amvesindo Donald Wihardja, OJK mengkaji kembali aturan modal ventura sejak tiga tahun lalu.

“Kami sudah berikan pasal mana saja yang (perlu) dirapikan terutama perpajakan dan berapa besar dana yang diberikan dari modal ventura,” kata Donald kepada Katadata.co.id, hari ini (7/1).

POJK Nomor 34 Tahun 2015 menyebutkan, modal ventura hanya berinvestasi di Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Donald berharap, definisi UMKM dikaji lagi supaya modal ventura bisa berinvestasi di startup.

(Baca: BRI Ventures Dapat Tambahan Modal Rp 500 Miliar dari BRI)

Belum lagi, mayoritas investasi dari modal ventura kepada UMKM berupa pinjaman, bukan ekuitas. “Kalau hanya pinjaman peruntukannya, bertabrakan dengan multifinance,” kata dia.

Pada aturan yang lama itu, investasi di luar kaidah tertentu oleh modal ventura dibatasi maksimal 20%. Selain karena wajib berinvestasi di UMKM, kebijakan ini membuat modal ventura sulit menanamkan modal di startup.

Donald berharap, pasal-pasal itu dikaji kembali. Utamanya, ia menginginkan agar modal ventura bisa berinvestasi di startup. (Baca: Incar UMKM, Fintech Investree dan Modalku Investasi di Startup)

Amvesindo juga berharap ada insentif berupa keringanan pajak bagi modal ventura yang berinvestasi di perusahaan rintisan. "Harapannya, ada penyesuaian agar modal ventura dapat keringanan pajak dari sisi capital gain ketika berinvestasi di startup," katanya.

Sepengetahuannya, OJK tengah melakukan survei mengenai investasi di modal ventura. Ia mengatakan, kebijakan itu membuat penanam modal berinvestasi di startup secara individu, bukan modal ventura. Karena itu, ia berharap aturan modal ventura segera diperbaiki.

(Baca: Modal Ventura Anggap Wajar Gojek Tutup Sebagian GoLife & Bukalapak PHK)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Video Pilihan

Artikel Terkait