Banjir, Asosiasi Ojek Online Minta Gojek & Grab Tak Beri Sanksi Mitra

Fahmi Ahmad Burhan
2 Januari 2020, 17:53
Banjir Jabodetabek, Asosiasi Ojek Online Minta Gojek dan Grab Tak Beri Sanksi Mitra
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Ilustrasi, pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/11/2019).

Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) berharap Gojek dan Grab tidak memberikan sanksi kepada mitra pengemudi ojek online, lantaran tak mengambil pesanan. Sebab, mitra kesulitan mengakses jalan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang terendam banjir.

Sepengetahuan Ketua Presidium Nasional Garda Igun Wicaksono, masih ada pengguna yang tidak mengetahui jalan mana saja yang terendam banjir. Mereka pun memesan layanan transportasi atau pesan-antar makanan.

Di satu sisi, mitra pengemudi kesulitan mengambil pesanan tersebut karena jalanan terendam banjir. Jika mitra tidak mengambil pesanan dalam jumlah dan pada waktu tertentu, biasanya akan dikenakan sanksi berupa penghentian akun sementara (suspend).

“Kami mengimbau aplikator, khususnya Gojek dan Grab untuk selama dalam kondisi bencana banjir ini tidak melakukan suspensi maupun putus kemitraan kepada para pengemudi yang tidak dapat mengambil order,” kata Igun dalam siaran pers, hari ini (2/1).

(Baca: Menyoal Banjir Kiriman dan Sistem Peringatan Dini Bendung Katulampa)

Ia berharap, kedua decacorn itu memberikan keringanan kebijakan selama bencana banjir. “Banyak pengemudi ojek online yang terdampak banjir. Yang tidak pun, tak dapat melakukan aktivitas secara normal,” kata dia.

Ada beberapa mitra pengemudi ojek online yang masih beroperasi. Mitra pengemudi Grab Herman (55 tahun) misalnya. Ia mengaku, ada beberapa pesanan yang ia tolak karena akses jalan menuju lokasi terendam banjir.

“Pesanan tetap ramai. Tetapi, kalau banjir tidak diambil,” ujar Pria yang sudah bergabung dengan Grab dua tahun. Sejak pagi ini, ia sudah menyelesaikan enam pesanan.

Mitra pengemudi Gojek Muhammad Zaki (24 tahun) juga tetap beroperasi. Hari ini, ia menyelesaikan 11 pesanan dari biasanya sekitar 20. “Ada lima yang dibatalkan, karena warungnya tutup,” kata dia.

(Baca: Cuaca Buruk Rawan Banjir, BNPB Minta Warga di Tepian Sungai Mengungsi)

Senior Manager Corporate Affairs Gojek Alvita Chen mengatakan, layanannya berjalan normal meski ada bencana banjir. Ia mengimbau agar mitra pengemudi yang beroperasi, tetap mengutamakan keselamatan.

Ia mencatat, ada penurunan pesanan namun terkendali. “Berkurang, tetapi masih aman,” kata Alvita kepada Katadata.co.id, hari ini.

Hal senada disampaiken oleh Public Relations Assistant Marketing Manager Grab Indonesia Satrya Pinandita. Ia mengatakan, layanan transportasi Grab berjalan normal.

"Kami juga mengimbau kepada mitra pengemudi dan pelanggan untuk senantiasa mengutamakan keselamatan diri di manapun, termasuk saat berkendara," kata Satrya.

(Baca: Kurangi Curah Hujan di Jakarta, BPPT Siap Lakukan Modifikasi Cuaca)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...