Shopee Catatkan Transaksi Rp 1,3 Triliun dalam Sehari Harbolnas

Ada 80 juta barang terjual saat harbolnas di Shopee di tujuh negara.
Desy Setyowati
13 Desember 2019, 15:08
Konferensi pers Shopee terkait pesta belanja 12.12. Shopee menggaet penyanyi Didi Kempot.
Katadata/desy setyowati
Konferensi pers Shopee terkait pesta belanja 12.12. Shopee menggaet penyanyi Didi Kempot.

Perusahaan e-commerce, Shopee mencatatkan transaksi (gross merchandise value/GMV) Rp 1,3 triliun dalam sehari pesta diskon 12.12 atau hari belanja online nasional (harbolnas) di Indonesia. Setidaknya ada 80 juta barang terjual di Asia Tenggara dan Taiwan.

CEO Shopee Chris Feng mengatakan, pencapaian tersebut menunjukkan bahwa masyarakat percaya terhadap platform-nya. “Dari tahun ke tahun, kami terus melihat pengguna dari kota kecil maupun besar membeli dan menjual berbagai macam barang,” kata dia dalam siaran pers, hari ini (13/12).

Dalam sehari pesta diskon 12.12 itu pun, Shopee mencatat ada lebih dari 80 juta kunjungan ke aplikasi di tujuh negara. “Shopee telah menjadi destinasi pilihan belanja sehari-hari,” kata dia.

Berdasarkan laporan iPrice, Shopee merupakan e-commerce yang paling banyak dikunjungi melalui aplikasi mobile maupun komputer di Asia Tenggara pada Kuartal III 2019. Rata-rata pengguna bulanan (monthly active users/MAU) tertinggi dalam kategori belanja di Asia Tenggara.

(Baca: Rekor, Shopee Raih 1,2 Juta Lebih Transaksi dalam Satu Jam Harbolnas)

Saat harbolnas kali ini, lebih dari 1.000 pasang kaos kaki pria terjual dalam sehari. Total 180 ribu jam Shopee Live disiarkan sepanjang puncak kampanye.

Selain itu, jumlah ponsel yang terjual selama pesta diskon 12.12 dinilai mampu mendigitalikan 1.000 desa. Jumlah popok bayi yang terjual saat harbolnas dapat dipakai selama 3 ribu tahun oleh satu bayi.

Shopee mencatat, peningkatan volume belanja di Jawa Barat, Sumatera Selatan, dan Yogyakarta merupakan yang tertinggi di Indonesia. Beberapa produk lokal terlaris antara lain hijab, lipstick, dan masker wajah organik.

“Melihat ke depan hingga 2020, kami akan terus meningkatkan pengalaman Shopee dan membuka potensi penuh dari e-commerce untuk seluruh masyarakat,” kata Chris.

(Baca: Mapemall Prediksi Kenaikan Penjualan pada Harbolnas Naik 8 Kali Lipat)

Shopee mencatatkan lebih dari 1,2 juta barang terjual selama sejam pertama penyelenggaraan harbolnas. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini mengklaim, kembali mencetak rekor dibanding festival belanja sebelumnya.

Selain transaksi, Shopee mengirimkan pesanan pertama pesta diskon 12.12 dalam kurun waktu 53 menit. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengantisipasi lonjakan pemesanan dengan melakukan proses pengiriman lebih cepat,” kata Direktur Shopee Indonesi Christin Djuarto, kemarin (12/12).

(Baca: 6 Tips Transaksi Aman untuk Pemburu Diskon Harbolnas)

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait