Incar 10% Pasar E-Commerce, PT Pos Indonesia Luncurkan Q-Comm

Image title
6 November 2019, 17:24
Pos Indonesia luncurkan layanan pengiriman untuk e-commerce
KATADATA
Ilustrasi Pos Indonesia. PT Pos Indonesia meluncurkan Q-Comm, membidik pedagang e-commerce.

PT Pos Indonesia meluncurkan layanan pengiriman barang khusus bagi pedagang online, yakni Q-Comm. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berharap bisa menggaet 10% pasar e-commerce melalui layanan anyar tersebut.

Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus menjelaskan, layanan ini memungkinkan pedagang e-commerce mengirimkan barang maksimal dua hari. “Namun, saat ini baru ada di 95 kota/kabupaten di Jawa,” kata dia di Jakarta, Rabu (6/11).

Pengguna bisa memesan layanan ini secara online melalui situs posindonesia.co.id. Selain kecepatan, Charles mengatakan bahwa Q-Comm memiliki tiga keunggulan yakni ambil paket gratis, resi otomatis dan bisa bayar ditempat (cash on delivery/COD).

Maksimal barang yang bisa dikirim lewat Q-Comm hanya lima kilogram (kg). “Kami menargetkan bisa meraih pangsa pasar 10% dari e-commerce,” kata Charles.

(Baca: Cara Pos Indonesia Keluar dari Masalah Keuangan)

Q-Comm melengkapi layanan pengiriman sebelumnya, yakni Q9 yang dirilis awal September lalu. Pos Indonesia menawarkan jasa distribusi barang maksimal sembilan jam di dalam kota lewat Q9.

Charles menyebutkan, layanan pengiriman terkait e-commerce berkontribusi sekitar 30% terhadap pendapatan perusahaan. Karena itu, perusahaan gencar menyediakan layanan untuk salah satu industri berbasis digital ini.

Perusahaan logistik milik negara ini pun telah memiliki kurir 2.750 orang di seluruh Tanah Air. Pos Indonesia ingin mengembangkan layanan-layanan baru untuk memenuhi kebutuhan di berbagai sektor.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...