Tujuh Masalah Menghadang Gojek hingga Tokopedia Sebelum Jadi Unicorn

Desy Setyowati
16 Oktober 2019, 17:11
Kementerian Kominfo menyebutkan ada tujuh persoalan yang dihadapi Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan OVO sebelum menjadi unicorn
Kominfo
Ilustrasi, CEO Go-Jek Nadiem Makarim, CEO Traveloka Ferry Unardi, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, dan CEO Bukalapak Achmad Zaky, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Menteri Kominfo Rudiantara. Kementerian Kominfo menyebutkan ada tujuh persoalan yang dihadapi Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan OVO sebelum menjadi unicorn.

Perjuangan Gojek, Tokopedia, Traveloka, Bukalapak dan OVO untuk menyandang status unicorn atau startup bervaluasi lebih dari US$ 1 miliar tidaklah mudah. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyebutkan, ada tujuh permasalahan yang mereka hadapi ketika pertama kali membangun bisnis.

Ketujuh persoalan itu adalah pendanaan, perpajakan, cost protection, logistik, kecepatan internet, Sumber Daya Manusia (SDM), dan infrastruktur. “Setelah kami pelajari, itu semua melibatkan 18 kementerian isunya. Di negara lain, itu seperti satu cabinet,” kata Staf Khusus Kementerian Kominfo Lis Lestari Sutjiati dalam acara 100 Innovations Networking Event di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (16/10).

Ia bercerita, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Kominfo untuk mengakomodasi pelaku usaha ekonomi digital pada 2014. Lantas, kementeriannya mengumpulkan para pemain di industri ini. Dari situlah ia mengetahui tujuh permasalahan tersebut.

Lantas, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan 18 kementerian untuk memangkas peraturan yang menghambat industri ekonomi digital. “Keluar 31 inisiatif, namanya peta jalan e-commerce Indonesia. Itu bukannya membuat regulasi, tapi deregulasi supaya Indonesia menjadi negara kondusif untuk ekonomi digitalnya,” kata dia.

(Baca: Kemenko Perekonomian Optimistis Palapa Ring Bisa Ciptakan Dua Decacorn)

Dari sisi pendanaan, Kementerian Kominfo menggelar Next Indonesia Unicorn (NextIcorn). Kementerian menggelar acara untuk mempertemukan para startup dengan modal ventura dunia. Saat itu, kementerian membawa Gojek, Tokopedia, Kaskus, Traveloka, dan Matahari Mall dalam acara itu.

“Kami pakai network Pak Menteri (Rudiantara) dan Pak Presiden. Kami buka pintu (untuk pertemuan itu),” kata dia. Saat itu, kementerian menargetkan punya tiga unicorn hingga 2018. Ternyata Indonesia sudah memiliki empat unicorn dan satu decacorn, yakni Gojek.

Lalu, Kominfo menggelar Gerakan Nasional 1000 Startup. Melalui program-program ini, ia optimistis nilai ekonomi digital Indonesia bisa tembus US$ 130 miliar pada 2025. Kemudian, kementerian membangun Palapa Ring dari barat ke timur untuk mempercepat kecepatan internet.

(Baca: Bakti Kominfo Rampungkan 500 BTS hingga Akhir Tahun 2019)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...