Digitalisasi UKM, DIVA Akuisisi Startup Layanan Kasir Berbasis Online

Layanan Pawoon digunakan oleh GoPay, Geprek Bensu, Dum Dum Thai Tea hingga Bakso Lapangan Tembak
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
6 Agustus 2019, 16:09
Ilustrasi platform Pawoon. DIVA resmi mengakuisisi 30% saham Pawoon.
Instagram/@pawoonpos
Ilustrasi platform Pawoon. DIVA resmi mengakuisisi 30% saham Pawoon.

Anak usaha PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN), PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) resmi membeli 30% saham startup penyedia sistem kasir (point of sale/POS), Pawoon pada pekan lalu (2/8). Lewat aksi korporasi itu, DIVA dapat melengkapi layanannya dalam rangka digitalisasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Platform Pawoon dikembangkan oleh PT Alphanovation Digital Teknindo (AAT). Direktur DIVA Dian Kurniadi optimistis, kerja sama dengan AAT dapat mempercepat pengembangan teknologi dan inovasi produk di perusahaannya.

Pada akhir tahun lalu, DIVA dan Pawoon meluncurkan produk smart outlet. “Jumlah pengiriman produk (menggunakan smart outlet) mencapai 900 unit hingga Juli 2019,” kata Dian dalam siaran pers, kemarin (5/8).

(Baca: Startup Digitalisasi UKM, DIVA Beli 30% Saham Pawoon)

Smart outlet merupakan layanan yang menggabungkan teknologi DIVA dengan sistem kasir berbasis komputasi awan (cloud) milik Pawoon. DIVA juga memiliki produk Intelligent Instant Messaging (IIM). Layanan-layanan ini diklaim dapat mendukung pelaku UKM dalam mengelola bisnis.

Alasannya, teknologi bisa mempermudah UKM dalam mengelola operasional bisnis hingga penjualan produk. “Kami bermaksud untuk memanfaatkan keunggulan kompetitif yang melekat pada Pawoon, yang memungkinkan pengembangan yang lebih luas dan lebih cepat,” kata Dian.

Jasa Pawoon sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pedagang di sekitar 200 kota di Indonesia. Pendiri Pawoon Ahmad Gadi mengatakan, kolaborasi ini akan memperluas pasar perusahaan dan menyediakan lebih banyak layanan. “Guna mewujudkan mimpi menjadi unicorn, bersama DIVA kami bergerak menuju kesuksesan dalam waktu dekat,” katanya.

(Baca: Perluas Pasar, Go-Pay Gandeng Penyedia Sistem Kasir Pawoon)

Adapun aplikasi Pawoon diluncurkan pada 2015. Layanan sistem kasir ini sudah digunakan sejumlah merek lokal besar seperti GoPay, Geprek Bensu, Dum Dum Thai Tea, Bakso Lapangan Tembak, Mango Bomb, dan lainnya.

Rencana DIVA mengakuisisi 30% saham Pawoon pun sudah diumumkan sejak akhir tahun lalu. Sebab, DIVA mencatat bahwa Pawoon tumbuh 28 kali lipat dalam setahun, dengan pertumbuhan bulanan hingga 20% dalam empat bulan terakhir pada 2018.

Selain Pawoon, DIVA telah bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyediakan aplikasi solusi kasir digital T-Kiosk. Melalui layanan seperti ini, DIVA berfokus pada digitalisasi UKM.

(Baca: DIVA Raih Laba Bersih Rp 9,8 Miliar Pada 2018)

Video Pilihan

Artikel Terkait