Melebihi Perkiraan, Pendapatan Facebook dan Twitter Naik Hingga 28%

Pengguna harian Twitter dan Facebook mencapai 139 juta dan 2,41 miliar.
Desy Setyowati
1 Agustus 2019, 15:30
media sosial, Facebook, Twitter
Katadata
Ilustrasi. Melebihi perkiraan pasar, pendapatan Facebook dan Twitter naik hingga 28%

Pendapatan perusahaan pengembang platform  media sosial, Facebook dan Twitter meningkat 28% dan 18% selama Semester I 2019. Pencapaian keduanya melebihi perkiraan pasar.

Twitter meraup pendapatan US$ 841,4 juta atau sekitar Rp 11,7 triliun. “Pendapatan ini melebihi perkiraan analis,” demikian dikutip dari Business Insider, kemarin (31/7). Perolehan dari iklan pun naik 21% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$ 727 juta atau Rp 10,1 triliun.

Pengguna aktif harian—yang dapat dimonetisasi (mDAU)—juga naik 15% yoy, dari 122 juta menjadi 139 juta. “Fokus kami adalah memastikan aturan, dan bagaimana kami menegakkannya, mudah dipahami. Kami juga melanjutkan pekerjaan mengidentifikasi dan menangani perilaku jahat secara proaktif,” kata CEO Twitter Jack Dorsey.

(Baca: Twitter Pimpin Investasi Rp 1,4 T di Perusahaan Media Sosial India)

Advertisement

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu pun telah menggelontorkan US$ 22,8 juta untuk mengakuisisi beberapa startup selama April hingga Juni 2019. Juru bicara Twitter menolak untuk berbagi informasi terkait perusahaan rintisan yang diakuisisi.

Namun, dalam sebuah postingan di blog resminya, Twitter mengumumkan akuisisi Fabula AI. “Investasi strategis ini untuk penelitian, teknologi, dan deep learning research yang akan menjadi pendorong utama saat kami berupaya untuk membantu pengguna merasa aman di Twitter. Ini juga akan membantu mereka melihat informasi yang relevan,” demikian dikutip.

(Baca: Berkat Iklan, Pendapatan Twitter dan Facebook Naik di Kuartal I-2019)

Selain Twitter, kinerja positif dialami oleh Facebook. Pengembang platform media sosial itu memperoleh pendapatan US$ 16,9 miliar atau sekitar Rp 236,6 triliun pada Semester I 2019. Capaian itu naik 28% dibanding periode sama tahun lalu.

Pendapatan Facebook itu diatas perkiraan analis, US$ 16,5 miliar. “Kami percaya bahwa perlu ada kerangka peraturan yang sesuai. Jika itu tidak diterapkan, maka frustasi terhadap industri saya pikir akan terus tumbuh," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg dikutip dari CNBC Internasional, beberapa waktu lalu (24/7).

Pengguna aktif harian Facebook mencapai 2,41 miliar atau sesuai perkiraan pasar. Begitu pun dengan pengguna aktif bulanan Facebook yang sebanyak 1,59 miliar. Sedangkan pendapatan per saham sebesar US$ 1,99 per lembar, melebihi proyeksi analis US$ 1,88.

(Baca: Facebook Rilis Beragam Fitur Baru dan Fokus pada Privasi Tahun ini)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait