Luncurkan Lima Fitur Baru, Grab Perkuat Layanan Logistik

Jumlah pengiriman harian menggunakan GrabExpress meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam setahun terakhir.
Desy Setyowati
26 Juli 2019, 06:00
Grab logistik
Grab
Grab meluncurkan lima fitur baru untuk memperkuat layanan logistiknya, GrabExpress.

Decacorn asal Singapura, Grab, meluncurkan lima fitur baru untuk memperkuat layanan logistik GrabExpress. Fasilitas anyar ini diklaim mempermudah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengirim barang ke konsumen dengan lima fitur utama.

Pertama, Grab bekerja sama dengan Ninja Xpress menyediakan pengiriman antarkota di Pulau Jawa. Untuk sementara, fitur itu tersedia di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kedua, langganan paket hemat di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Ketiga, pengiriman instan kurang dari tiga jam dan di hari yang sama (same-day). Barang yang dikirim melalui layanan ini maksimal 150 kilogram untuk GrabCar dan 15 kilogram melalui GrabBike. “Kami berharap GrabExpress dapat meningkatkan pertumbuhan (bisnis) wirausahawan mikro, mitra pengemudi dan pelanggan,” kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata dalam siaran pers, Kamis (25/7).

(Baca: Layanan Go-Jek dan Grab Mengubah Pola Logistik Era Digital)

Advertisement

Keempat, bukti pengiriman dan pelacakan langsung. Terakhir, mengirim barang ke banyak tujuan sekaligus (multi-destination). Fasilitas ini baru tersedia Jakarta, Bandung, Makassar, Medan dan Surabaya. Lewat fitur ini, pengguna bisa memesan layanan logistik hingga 10 mitra pengemudi dalam waktu bersamaan.

Kementerian Koperasi dan UKM mencatat, ada lebih dari 62 juta UMKM di Indonesia pada 2017. Angka ini naik 2,06% dibanding tahun sebelumnya. Data Deloitte‎ Access Economics menunjukkan, 37% UMKM di Indonesia hanya memiliki kemampuan online yang sangat mendasar seperti komputer, ponsel pintar (smartphone) atau akses internet.

(Baca: Rilis Ulang Layanan Grab for Business, Grab Genjot Pelanggan Korporasi)

Ridzki optimistis, UMKM akan terus tumbuh setiap tahun. “Mereka membutuhkan informasi dan pengetahuan yang mumpuni untuk dapat berkompetisi dengan baik,” kata dia.Untuk itu, Grab memperkuat layanan logistik ini dan memberi pelatihan kepada 400 wirausahawan mikro.

Saat ini, GrabExpress tersedia di 150 kota di Indonesia. Grab mencatat, jumlah pengiriman harian menggunakan layanan ini meningkat lebih dari 20 kali lipat dalam setahun terakhir. Lebih dari 50% pengguna GrabExpress merupakan wirausahawan mikro.

Grab mencatat, lebih dari 90% pemesanan GrabExpress dapat diselesaikan sesuai dengan estimasi waktu. "Kami berharap dapat menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan dan peluang bisnis bagi jutaan UMKM di Indonesia," kata Ridzki.

(Baca: Grab Luncurkan GrabExpess Car, Layanan Pengiriman Barang dengan Mobil)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait