Baru 17% UMKM Berjualan Online, Kominfo Gencar Gaet E-commerce

Cindy Mutia Annur
1 Juli 2019, 15:30
Kominfo, UMKM bisa go-online, e-commerce
Go-Pay
Ilustrasi, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan didampingi oleh Head of Government Relations and Public Policy Go-Pay Brigitta Ratih Aryanti dan Perwakilan Go-Jek Astrella mencoba metode pembayaran nontunai menggunakan kode QR Go-Pay di Pasar PSPT Tebet Timur, Jakarta Selatan pada Selasa (26/2/2019).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat, baru 9,6 juta atau 17,1% dari total 56 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang berjualan secara online atau go-online. Kominfo pun gencar menggaet perusahaan e-commerce dan teknologi finansial (fintech) supaya 56 juta UMKM bisa go-online.

Kali ini, Kementerian menggaet e-commerce asal Singapura, Shopee. “Lewat kerja sama ini, para marketplace bisa berbagi data analisisnya kepada UMKM untuk meningkatkan (kualitas dan kuantitas) produk kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan di kantor Shopee, Senin (1/7).

Semuel mengatakan, bergabung dengan e-commerce saja belum cukup untuk meningkatkan penjualan UMKM. Sebab, e-commerce bukan hanya membuka pasar lebih luas kepada UMKM, tetapi juga meningkatkan persaingan. Karena itu, menurut dia, UMKM perlu memahami tren penjualan melalui data-data yang dianalisis oleh marketplace.

(Baca: UMKM Berpeluang Selamatkan Indonesia dari Jebakan Kelas Menengah)

Berdasarkan data-data tersebut, UMKM bisa mengkaji strategi pemasaran yang sesuai dan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, Kementerian mendorong e-commerce untuk memberi pelatihan kepada mitra UMKM.

Ia juga berharap, UMKM mendaftarkan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) produk buatannya. “Itu (HAKI) adalah aset, sehingga harus didaftarkan dan dijaga. Karena menyalin (produk/karya) itu sebenarnya boleh, namun harus ada izin dengan pemilik idenya dengan membayar royalti," katanya.

Selain Shopee, Kementerian sudah bekerja sama dengan Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, dan Blanja.com untuk mendorong UMKM go-online. “Kami kerja sama dengan semua platfrom marketplace yang mempunyai program (misi) yang sama dengan kami,” kata Semuel.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...