LinkAja Sediakan Layanan Pembayaran Transportasi hingga Tarik Tunai

Desy Setyowati
1 Juli 2019, 14:21
LinkAja
LinkAja
Ilustrasi, perubahan TCash menjadi LinkAja. Fintech pembayaran besutan BUMN ini menyediakan beragam layanan.

Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) resmi meluncurkan dompet digital (e-wallet) LinkAja, kemarin (30/6). LinkAja menyediakan layanan pembayaran transportasi, e-commerce hingga tarik tunai untuk menggaet lebih banyak konsumen.

LinkAja bekerja sama dengan 20 e-commerce termasuk Tokopedia, Bukalapak, dan Blanja.com untuk melayani para pengguna yang gemar berbelanja online. Fintech besutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga sudah menyediakan layanan pembayaran menggunakan kode Quick Response (QR Code) di lebih dari 150 ribu mitra.

Advertisement

Bahkan, LinkAja berencana memperluas layanan pembayaran menggunakan kode QR ke Singapura dan Thailand. “Ke dua negara itu dulu,” kata CEO Finarya Danu Wicaksana kepada Katadata.co.id, Senin (1/7).

Rencana ekspansi tersebut sejalan dengan program Bank Indonesia (BI) yang menerapkan standardisasi kode QR di kedua negara itu. Standardisasi kode QR yang yang dikembangkan BI ini disebut dengan QR Code Indonesia Standard (QRIS).  Rencananya, QRIS diterapkan pada Semester II 2019 atau terhitung sejak bulan ini. 

(Baca: LinkAja Berencana Ekspansi ke Hong Kong hingga Taiwan)

Di bidang layanan Payment Point Online Bank (PPOB), LinkAja menyediakan lebih dari 400 pembayaran tagihan dan produk digital, seperti IndiHome, listrik, pulsa, hingga voucher gim online.  “Kami berupaya untuk menyesuaikan strategi yang kami jalankan dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat,” katanya.

Perusahaan ini juga menyadari tren masyarakat yang mulai berdonasi secara online. Karena itu, LinkAja bekerja sama dengan lembaga amil zakat seperti Rumah Zakat dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Fintech pembayaran ini pun menyediakan layanan pembayaran di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) milik PT Pertamina.

LinkAja juga merambah sektor transportasi. Dompet digital ini bisa digunakan untuk layanan Blue Bird, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Trans Semarang, Damri, dan Railink. Yang teranyar, LinkAja menyediakan layanan pembayaran untuk pembelian tiket Garuda Indonesia, Citilink, Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) hingga Lintas Raya Terpadu (LRT) di Palembang.

Jumlah penggunaJumlah mitra
Go-Pay142 juta (jumlah unduhan aplikasi Gojek)Lebih dari 400 ribu mitra Go-Food, sekitar 60 ribu penyedia layanan dan 1 juta mitra pengemudi Gojek
OVOLebih dari 115 juta (per akhir 2018)Lebih dari 500 ribu mitra.Juga digunakan untuk layanan transportasi Grab
LinkAjaSekitar 22 juta (target 40 juta hingga akhir 2019)Lebih dari 150 ribu mitra

Sumber: Riset Katadata, diolah

(Baca: Setelah Kode QR, LinkAja dkk Tertarik Adopsi Pembayaran dengan Sensor)

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement