Trafik Data Telkomsel dan XL Axiata Melonjak 57% Selama Lebaran

Layanan data paling banyak digunakan untuk mengakses aplikasi percakapan, media sosial, streaming video, dan bermain gim online.
Desy Setyowati
11 Juni 2019, 11:36
Layanan data meningkat selama lebaran 2019
Katadata
Layanan data untuk mengakses media sosial dan aplikasi percakapan meningkat selama Lebaran 2019.

Operator PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dan PT XL Axiata mencatat, permintaan layanan data selama Lebaran 2019 naik 49 hingga 57% dibanding periode sama tahun lalu. Layanan data paling banyak digunakan untuk mengakses media sosial dan aplikasi percakapan.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya menyebutkan, trafik data selama H-1 hingga H+1 lebaran 2019 naik 57% dibanding periode sama tahun lalu. Jika dibanding hari biasa, trafik data selama lebaran naik 24%.

Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah yang penggunaan datanya tertinggi selama lebaran 2019, kenaikannya masing-masing 43% dan 38% dibanding hari biasa. “Satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur lebaran setiap tahun adalah bagaimana kami bisa menyediakan layanan berkualitas,” ujarnya dalam siaran pers, kemarin (10/9).

(Baca: Tiga Operator Proyeksi Trafik Data Naik 30% Selama Mudik Lebaran)

Advertisement

Untuk itu, XL Axiata sudah menyiapkan jaringan guna mengantisipasi kenaikan permintaan layanan data selama libur lebaran. XL Axiata menambah kapasitas dan  konfigurasi jaringan, serta disesuaikan dengan tren konsumsi layanan terutama data.

Ia mencatat, trafik data untuk aplikasi percakapan seperti WhatsApp dan Line naik 48% dibanding hari biasa. Sedangkan trafik data untuk mengakses media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram naik 17%. Permintaan layanan data untuk streaming video dan bermain gim online juga naik 22% dan 15%.

Secara spesifik, kenaikan penggunaan data untuk mengakses peta digital Waze merupakan yang tertinggi selama lebaran, yakni 93% dibanding hari biasa. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pengguna yang melakukan mudik lebaran. Disusul oleh kenaikan trafik data untuk Netflix 77% dan Instagram 35%.

(Baca: Transaksi Shopee Melonjak 300% Selama Ramadan)

Kendati uang Tunjangan Hari Raya (THR) sudah diterima sebelum lebaran, pengguna masih membuka aplikasi atau situs e-commerce. XL Axiata mencatat, Shopee menjadi situs belanja online yang banyak diakses pengguna selama lebaran 2018. Pada tahun lalu, posisi ini ditempati oleh Lazada. Tahun ini, Lazada justru menempati posisi keempat.

XL Axiata juga mencatat, permintaan layanan pesan atau SMS naik tiga persen dibanding hari biasa. Sedangkan layanan percakapan cenderung menurun, karena perubahan perilaku pengguna yang beralih ke layanan data.

Selain XL Axiata, permintaan layanan data Telkomsel naik selama lebaran 2019. Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mencatat, trafik data selama lebaran 2019 naik  49,8% dibanding periode sama tahun lalu. Bila dibandingkan hari biasa, trafik data selama lebaran naik 12,3%.

(Baca: Transaksi Shopee dan Lazada Naik 3 Kali Lipat pada Ramadan Tahun Ini)

Penggunaan data untuk mengakses media sosial merupakan yang tertinggi, yakni 30,4%. Disusul oleh penggunaan data untuk streaming video 28,7%. Sedangkan pemanfaatan data untuk mengakses aplikasi percakapan memiliki andil 15,7 % terhadap total penggunaan.

Aplikasi yang paling banyak diakses pengguna adalah Youtube, Facebook, Instagram, Google Service, Mobile Legend, dan TikTok. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami menyadari tingginya minat pelanggan untuk memanfaatkan jaringanTelkomsel. Maka, kualitas, kapasitas, dan jangkauan jaringan tetap kami optimalkan hingga berakhirnya masa libur lebaran,” kata Denny.

Telkomsel mencatat, permintaan layanan suara menurun 14,9% dibanding hari biasa, menjadi 1.05 miliar menit. Begitu pun dengan layanan SMS yang turun 3,7% menjadi 531 juta pesan. Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS, dan panggilan suara masing-masing mencapai  99,69%, 99,70%, dan 98,52%.

(Baca: XL dan Indosat Antisipasi Kenaikan Trafik Data Ramadan dan Lebaran)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait