Shopee Bakal Rilis Fitur Rekomendasi Produk, Mirip Media Sosial

Fitur tersebut akan berbentuk halaman yang memungkinan pengguna membuat ulasan lewat tulisan, foto, dan video layaknya media sosial.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
10 Mei 2019, 20:56
Shopee, Belanja Sosial, Media Sosial, Rekomendasi Produk
Shopee
(kiri-kanan) Aktor dan Presenter Olahraga Ibnu Jamil, Fitness Triner Annissa Munaf, Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar, dan Medical Advisor PT Bayer Indonesia Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari saat menghadiri BincangShopee dengan tema "Sehat Saat Ramadhan Ala Shopee"

Perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee berencana meluncurkan fitur Shopee Feed. Lewat fitur ini, pengguna Shopee bisa merekomendasikan berbagai produk favorit di platform ini. Fungsi fitur rekomendasi seperti ini lebih dulu diluncurkan Tokopedia, melalui fitur Tokopedia ByMe

Rencananya, Shopee Feed diluncurkan pada 13 Mei nanti. Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan, perusahaannya berusaha mengembangkan fitur yang bisa menggaet pengguna ke platform-nya. Lewat fitur ini, pengguna bisa berbelanja online di e-commerce seperti di media sosial.

Ia menjelaskan, fitur tersebut akan berbentuk halaman (timeline) yang memungkinan pengguna membuat ulasan lewat tulisan, foto, dan video layaknya media sosial. “Fungsi sosial media kami kembangkan di platfom kami, sehingga semua orang bisa terlibat dan lebih interaktif lewat fitur ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (10/5).

(Baca: Rilis ByMe, Tokopedia Gaet 13 Influencer untuk Rekomendasikan Produk)

Melalui fitur  tersebut, pengguna bisa mengikuti akun pengguna lainnya. Pengguna juga menandai toko maupun produk, memberikan tagar, like, komentar, dan membagikan ulasan.

Saat gambar produk muncul di fitur tersebut, akan ditampilkan juga harganya. Skema ini mirip fitur belanja di Instagram. Bahkan, ketika pengguna menekan gambar tersebut, produk akan langsung masuk ke keranjang (cart) belanja di Shopee.

Fitur itu pada dasarnya ditujukan kepada penjual di platformnya. Namun, pembeli juga bisa menggunakannya seperti di media sosial ini untuk memberi rekomendasi produk.  “Akan ada banyak sekali informasi mengenai produk yang bisa didapatkan di sana, termasuk rekomendasi dari para idola,” ujarnya.  

(Baca: Fitur Belanja di Instagram Diprediksi Tambah Pendapatan Facebook)

Tokopedia lebih dulu meluncurkan fitur rekomendasi produk yang diberi nama Tokopedia ByMe. Fitur ini memungkinkan pembeli mendapat rekomendasi produk dari pengguna lain maupun influencer. Salah satu unicorn Tanah Air ini pun menggandeng 13 influencer untuk menjadi ikon atas fitur anyar tersebut.

Namun, fitur ini berbeda dengan media sosial. Tokopedia memberi iming-iming komisi bagi pengguna yang merekomendasikan produk dan berhasil dijual. “Kami tidak menentukan batas atas atau bawah mengenai komisi. Jadi ditentukan langsung oleh mitra,” Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia Chyntia Limin.

(Baca: Instagram Luncurkan Tiga Fitur Baru untuk Berbelanja)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait