Gandeng Tokopedia, BRI Jual 200 Produk Halal Lewat Halal Mall

BRI target 1.000 UMKM binaannya mendapat sertifikasi halal tahun depan.
Cindy Mutia Annur
6 Mei 2019, 14:07
BRI luncurkan Halal Mall di Official Store Tokopedia di BRI Innovation Center, Jakarta, Senin (6/5)
Katadata/Cindy Mutia Annur
BRI luncurkan Halal Mall di Official Store Tokopedia di BRI Innovation Center, Jakarta, Senin (6/5)

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) bekerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia merilis laman khusus, yang diberi nama Halal Mall. Saat ini, ada 200 produk halal dari 100 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang dijual di Halal Mall di Tokopedia.

UMKM tersebut merupakan binaan BRI yang telah dikurasi sejak tahun lalu. Produk yang dipasarkan mulai dari kosmetik, makanan, hingga busana. Mayoritas UMKM ini berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan DI Yogyakarta

Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, Halal Mall berperan sebagai toko resmi bagi UMKM BRI yang khusus menjajakan produk halal. “Dengan masuk ke e-commerce, UMKM tersebut tidak hanya dapat memasarkan produknya di Indonesia, tetapi ke seluruh dunia,” ujarnya saat peluncuran Halal Mall di BRI Innovation Center, Jakarta, Senin (6/5).

(Baca: Hambat Investasi Asing, Kadin Minta Sertifikasi Halal Direvisi)

Advertisement

Berdasarkan Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia. Menurut Hanadayani, 85% penduduk Indonesia yang beragama Islam merupakan pasar potensial bagi UMKM penghasil produk Halal.

Kemenetrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemekop UKM) dan Kementerian Agama pun terlibat dalam proses seleksi UMKM. Dengan begitu, UMKM yang memperoleh sertifikat halal sudah diuji komponen bahan baku produknya. Setelah mendapat sertifikasi halal ini, UMKM binaan BRI bisa memasarkan produknya lewat Halal Mall di Tokopedia.

Selain memasarkan produk, UMKM tersebut diberi pembinaan dan pendampingan. BRI menargetkan, 1.000 UMKM binaannya bisa mendapat sertifikasi halal tahun depan. Dengan begitu, produk yang dipasarkan di Halal Mall menjadi lebih beragam. Ke depan, produk halal milik UMKM binaan BRI ini juga akan dipasarkan di negara lain, seperti Arab Saudi. 

(Baca: Bappenas Dorong Peningkatan Ekspor Produk Makanan Halal)

Vice President of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak menambahkan, sebanyak 2 ribu dari 5,5 juta mitranya memiliki sertifikasi halal. “Kami memiliki visi untuk pemerataan ekonomi di Indonesia. Salah satunya memajukan UMKM lokal lewat pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Saat ini, Tokopedia memiliki 90 juta pengguna setiap bulan. Ia optimistis, kehadiran halal Mall di platformnya bisa membantu UMKM menjangkau lebih banyak konsumen di Indonesia.

(Baca: Kemenperin Dorong Produsen Busana Muslim Rambah Pasar Global)

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait