Startup Logistik Triplogic Salurkan Kredit via Modalku dan KoinWorks

Desy Setyowati
2 Mei 2019, 14:15
Armada Triplogic
East Ventures
Armada Triplogic

Startup di bidang logistik on-demand,  Triplogic menggandeng financial technology (fintech) pinjaman (lending) dalam menyalurkan pembiayaan. Yang teranyar, Triplogic menggaet Modalku dan KoinWorks.

Pendiri sekaligus CEO Triplogic Oki Earlivan Sampurna menyampaikan, mayoritas penggunanya adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Salah satu misi kami tahun ini adalah mengembangkan produk finansial dengan tujuan memperkuat ekosistem UMKM dan agen yang kami miliki,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (2/5).

(Baca: East Ventures Suntik Modal Startup Logistik, Triplogic)

Salah satu strateginya adalah bekerja sama dengan fintech pinjaman. Apalagi, Modalku memberikan pinjaman modal usaha tanpa agunan hingga Rp 2 miliar. Dengan Modalku, Triplogic akan memberi referensi kepada pelanggannya yang membutuhkan modal untuk meminjam di fintech ini.

Triplogic juga menggandeng KoinWorks untuk memberikan akses pembiayaan kepada mitranya. “Kami berharap lewat kerjasama ini, UMKM yang tergabung di platform kami dapat lebih terbantu dengan adanya akses permodalan melalui KoinWorks,” kata dia.

Triplogic sendiri baru saja menerima pendanaan tahap awal dari modal ventura, East Ventures. Saat ini, Triplogic bermitra dengan 1.600 UKM dan beroperasi di 61 kota di Indonesia. Perusahaan ini menyediakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari logistik, pengiriman paket, pengemasan, dan distribusi untuk UKM.

(Baca: Modalku Salurkan Pendanaan Rp 3,1 Triliun untuk UMKM Indonesia)

Menurut Co-Founder sekaligus COO Modalku Iwan Kurniawan, pinjaman modal membantu UMKM untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis. Pinjaman ini juga bisa digunakan untuk melancarkan arus kas perusahaan, sehingga produktivitas bisa berjalan.

UMKM juga bisa ekspansi dengan memanfaatkan pinjaman modal. “Kami senang melihat ekosistem bisnis digital yang semakin lengkap dan solid mendukung usaha lokal. Tak hanya melalui layanan keuangan, tetapi juga dengan solusi logistik,” ujarnya. Untuk itu, ia menggandeng Triplogic.

Kendati demikian, UMKM yang direferensikan Triplogic akan diverifikasi lebih dulu oleh Modalku. Bila lolos tahap verifikasi, Modalku akan menyalurkan pinjaman kepada UMKM tersebut. Pinjaman modal ini bisa diperoleh UMKM, meski tanpa ada jaminan.

(Baca: Koinworks Peroleh Pendanaan Seri A dari Investor Asal AS)

Sebab, Iwan memahami bahwa sebagian besar UMKM di Indonesia kesulitan mengakses modal kerja dalam mengembangkan bisnisnya. Padahal, ia mencatat 98% dari 60 juta usaha di Tanah Air merupakan usaha mikro. Segmen mikro ini menyerap 89% dari tenaga kerja di Indonesia.

Modalku telah menyalurkan lebih dari Rp 5,8 triliun pinjaman kepada UMKM di Asia Tenggara. Sebanyak Rp 3,55 triliun di antaranya disalurkan ke UMKM di Indonesia.

Dengan KoinWorks, ada dua bentuk kerja sama yaitu invoice financing dan microloan yang akan ditawarkan kepada mitra Triplogic. “Kami berharap agar para UKM di Indonesia semakin mudah dalam mendapatkan akses permodalan untuk pengembangan usaha mereka.” ujar Co-Founder sekaligus CEO KoinWorks Benedicto Haryono.

(Baca: Skenario OJK Agar Bank Tak Kalah Saing dengan Fintech)

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait