Rilis ByMe, Tokopedia Gaet 13 Influencer untuk Rekomendasikan Produk

Pengguna Tokopedia yang memberikan rekomendasi produk akan dapat komisi.
Michael Reily
22 April 2019, 17:17
Cinta Laura, Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia Chyntia Limin, dan Arief Muhammad saat meluncurkan Tokopedia ByMe.
Tokopedia
Cinta Laura, Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia Chyntia Limin, dan Arief Muhammad saat meluncurkan Tokopedia ByMe.

Tokopedia meluncurkan fitur Tokopedia ByMe, yang bisa digunakan untuk merekomendasikan produk. Salah satu unicorn Tanah Air ini pun menggandeng 13 influencer untuk menjadi ikon atas fitur anyar tersebut.

Influencer tersebut di antaranya Boy William, Arief Muhammad, Atta Halilintar, Jess No Limit, Jerome Polin, Tasya Farasya, Rachel Vennya, Ria Ricis, Salshabilla Adriani, Titan Tyra, Sandra Dewi, Cinta Laura, dan Jessica Iskandar.

Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia Chyntia Limin mengatakan, pengguna Tokopedia bisa merekomendasikan produk. “Semua orang bisa kurasi produk pilihan dan mendapatkan keuntungan,” kata dia saat konferensi pers di Jakarta, Senin (22/4).

(Baca: Tips Pemasaran Era Digital: Dari Urusan Kata Kunci hingga Influencer)

Keuntungan yang dimaksud adalah komisi. Sebab, setiap akun Tokopedia yang berhasil membuat pengikutnya membeli produk yang direkomendasikan, akan mendapatkan komisi. Besaran komisinya ditentukan oleh mitra yang bersangkutan.

Pengguna yang memberikan rekomendasi atau disebut Tokopedia ByMe Influencer bisa memilih produk sendiri. “Kami tidak menentukan batas atas atau bawah mengenai komisi. Jadi ditentukan langsung oleh mitra,” kata Chyntia.

(Baca: 2018 Jadi Musim Panen Influencer Media Sosial)

Maka dari itu, menurutnya fitur ByMe ini berpotensi melahirkan influencer baru. Sebab, pengguna bisa mempengaruhi konsumen lainnya untuk membeli produk. Dengan begitu, ada lebih banyak masyarakat yang memperoleh tambahan pendapatan lewat fitur ini.

Bagi penjual, layanan ini membantu untuk memperluas pasar. “Kami percaya bahwa rekomendasi dari lingkungan sekitar sangatlah penting dalam perihal membeli segala kebutuhan,” katanya.

(Baca: Selain Gojek, Tokopedia Berpeluang Jadi Decacorn dalam 2 Tahun Lagi)

Pada kesempatan itu, Cinta Laura mengapresiasi fitur baru tersebut. “Saya bisa merekomendasikan produk favorit pilihan saya dan berinteraksi dengan para fans dan follower yang suka dengan produk itu,” kata dia.

Perwakilan Tokopedia ByMe Icon lainnya, yakni Arief Muhammad menyampaikan fitur ini memberikan rekomendasi produk yang lebih objektif, ketimbang endorsement. Menurutnya, Tokopedia ByMe menyediakan ekosistem baru bagi para penjual di e-commerce.

Menurut marketplace di bidang jasa, Sociabuzz, influencer adalah sebutan bagi  pengguna media sosial yang memiliki pengikut yang cukup banyak. Alhasil, mereka punya pengaruh yang kuat untuk mempengaruhi para pengikutnya di media sosial. Biasanya, influencer ini bekerja sebagai artis, selebgram, blogger, youtuber, dan lain sebagainya.

(Baca: Sociabuzz Luncurkan Jejaring Sosial Premium bagi Pekerja Kreatif)

Reporter: Michael Reily
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait