Trafik Layanan Data Diproyeksi Naik hingga 15,8 % Saat Pemilu

Cindy Mutia Annur
16 April 2019, 20:05
Pemilu, Trafik Layanan Data, Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata
Warga mengikuti simulasi pencoblosan dan penghitungan di TPS 17 pada Pemilihan umum 2019 di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4). Simulasi ini untuk memahami alur dan aturan Pemilu baik petugas dan warga yang akan mengikuti Pemilihan umum pada 17 April 2019.

Masyarakat Indonesia bakal melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, besok (17/4). PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), dan PT XL Axiata Tbk (XL) memperkirakan trafik layanan data naik hingga 15,8 % saat pesta demokrasi.

GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin memperkirakan, trafik layanan data (payload) meningkat lebih dari 15,8% atau 18 ribu Tera Byte dibandingkan hari biasa. “Umumnya pada periode ini layanan data digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi lewat media sosial dan pesan instan,” ujarnya kepada Katadata, Selasa (16/4).

(Baca: Penataan Ulang Frekuensi Telkomsel dan Indosat Rampung)

Sementara trafik layanan suara diproyeksi turun 7,4 % atau sekitar 1,1 milyar menit dibanding hari biasa. Begitu pun dengan trafik layanan SMS diperkirakan turun 4 % atau sekitar 500 juta pesan.

Kendati demikian, Telkomsel telah melakukan optimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik. Utamanya, optimalisasi jaringan ini dilakukan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat dan daerah, Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan titik keramaian lainnya.

Optimalisasi jaringan ini juga dalam rangka mengantisipasi kenaikan trafik layanan saat Ramadhan dan Idul Fitri. “Kami memastikan layanan komunikasi selama masa tenang, pemilu hingga pengumuman berjalan lancar,” ujar dia. 

(Baca: Trafik Data Telkomsel dan Indosat Melonjak pada Malam Tahun Baru 2019)

Serupa dengan Telkomsel, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk memperkirakan trafik layanan datanya naik 5-7 % saat Pemilu 2019. Sementara itu, ia memperkirakan trafik layanan suara dan SMS stagnan.

Untuk mengantisipasi kenaikkan tersebut, Indosat meningkatkan kualitas jaringannya. Salah satu caranya dengan memperluas cakupan 4G Plus yang telah mencapai 80 % di Indonesia.

Di samping itu, Indosat bakal mengawasi kinerja jaringan lebih intensif secara nasional melalui Indosat Ooredeoo Network Operation Center (INOC) dan  Indosat Ooredoo Service Operation Center  (ISOC). “Ini supaya setiap potensi gangguan trafik telekomunikasi bisa segera diidentifikasi dan diselesaikan dengan cepat,” ujarnya.

(Baca: Trafik Data Telkomsel, XL dan Indosat Naik Hingga 100% saat Lebaran)

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya pun memperkirakan, trafik layanan data naik 5-10 % saat Pemilu 2019. Peningkatan itu disebabkan oleh aktivitas pengguna di media sosial dan aplikasi perpesanan yang meningkat. Sementara untuk trafik layanan suara dan SMS diprediksi naik tiga persen saat pemilu.

Ia mengatakan, perusahaannya telah mengantisipasi kenaikan tersebut. Selain itu, XL akan terus memantau kondisi jaringan di sejumlah titik penting di Jakarta, seperti kantor KPU, Media Center, serta area Ring 1.

(Baca: Kominfo: 4.111 Titik Terhubung Internet Berbasis Satelit)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait