Sambut Pemilu 2019, Facebook Luncurkan Fitur Info Kandidat Dewan

Para kandidat pemilu dapat membuat empat video yang masing-masing berdurasi 20 detik lewat fitur ini.
Cindy Mutia Annur
2 April 2019, 19:02
facebook
Facebook
Fitur Candidate Info Facebook

Perusahaan media sosial Facebook merilis fitur Info Kandidat (Candidate Info) dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Fitur ini untuk mengenalkan para kandidat pemilu beserta program-programnya kepada masyarakat, mereka yang akan berlaga menuju Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah.

Lewat fitur ini, masyarakat bisa membandingkan program para kandidat. Dengan begitu, Facebook berharap masyarakat bisa mengambil keputusan yang rasional. “Lewat video pendek, para kandidat dapat menyampaikan program dengan kata-kata mereka sendiri. Masyarakat bisa memahami visi mereka,” demikian dikutip dari siaran pers Facebook, Selasa (2/4).

(Baca: Iklan Politik di Medsos “Haram” Selama Masa Tenang)

Fitur ini akan muncul di bagian kabar beranda (home page) Facebook. Masyarakat Indonesia bisa mengaksesnya mulai hari ini. Selain itu, pengguna dapat mengunjungi halaman Facebook para kandidat.

Calon anggota dewan dapat membuat empat video yang masing-masing berdurasi 20 detik. Keempat video tersebut memuat informasi tentang latar belakang kandidat, program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, target yang ingin dicapai dan strateginya, serta langkah untuk memberantas korupsi.

(Baca: Facebook Pantau Linimasa Sebelum Hingga Setelah Pemilu)

Video tersebut diproduksi oleh para kandidat dan timnya, sehingga Facebook tidak terlibat dalam pembuatan konten. Facebook berharap fitur tersebut bisa membangun komunitas yang teredukasi dengan informasi yang tepat terkait kandidat pemilu 2019.

Apalagi, Facebook mencatat jutaan orang menggunakan platform-nya untuk berdiskusi tentang politik. “Kami bekerja keras untuk membuat orang lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dalam membuat keputusan menjelang pemilihan umum," ujar Facebook.

(Baca: Amankan Pemilu, Facebook Tolak Iklan Politik dari Luar Indonesia)

Pada hari pemilihan atau 17 April nanti, Facebook menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna berbagi pengalaman tentang Pemilu. Fitur ini nantinya menampilkan unggahan foto atau video kerabat dan keluarga pengguna yang telah melakukan pemungutan suara. Unggahan tersebut akan ditampilkan di kabar beranda.

Selain Facebook, Line Today lebih dulu merilis tab pemilu terkait informasi kandidat. Tab pemilu itu memuat polling dan kumpulan diskon saat perayaan demokrasi pada 17 April nanti. Fitur diskon baru akan dirilis pada 14 April. Sedangkan polling sudah bisa diakses sejak 14 Maret lalu.

(Baca: Facebook & WhatsApp Perangi Hoaks Jelang Pilpres )

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait