Ulang Tahun Ketujuh, Lazada Luncurkan Fitur Streaming di Aplikasi

Konser ulang tahun Lazada akan disiarkan di enam negara melalui aplikasinya.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
19 Maret 2019, 04:00
Lazada menyematkan fitur live streaming di aplikasinya. Mereka menyebut inovasi ini dengan konsep Shoppertainment.
Lazada
Perayaan ulang tahun Lazada ketujuh di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (18/3).

Perusahaan e-commerce Lazada mencatat, 90 % transaksi di platform-nya dilakukan melalui aplikasi. Untuk meningkatkan transaksi dan jumlah pengguna, Lazada pun memadukan layanan hiburan dengan dengan retail secara online

Lazada menyematkan fitur live streaming di aplikasinya. Mereka menyebut inovasi ini dengan konsep Shoppertainment. “Konsumen tidak hanya bisa berbelanja, juga menikmati berbagai suguhan gim, voucher, hingga live streaming,” kata Chief Business Officer Lazada Indonesia Pierre Beckers di Hotel Four Season, Jakarta, Senin (18/3).

(Baca: Penjualan Produk Lintas Negara di Lazada Naik 460 % sejak 2016)

Sejalan dengan peluncuran fitur tersebut, Lazada menggelar konser terbatas. Tiket konser tidak dijual umum, melainkan diberikan lewat undangan. Penyelenggaraan konser juga sejalan dengan perayaan ulang tahun Lazada ketujuh yang jatuh pada 27 Maret.

Chief Marketing Officer (CMO) Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan, konser ini akan disiarkan secara langsung lewat aplikasi Lazada di enam negara. Seperti diketahui, Lazada telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Indonesia, dan Thailand.

Selain fitur live streaming, Lazada menyediakan tiga gim interaktif di aplikasinya. Ketiga gim itu adalah LazGame, Splash, dan Crazy Flash Sale. Selama periode ulang tahun, Lazada juga menawarkan beberapa promo.

(Baca: Bhinneka Gandeng Lazada, Targetkan Pertumbuhan 40%)

 Head of Traffic Management Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro menambahkan, perusahaannya fokus menyediakan layanan yang sesuai dengan preferensi pelanggan. “Jumlah pengguna aplikasi kami umumnya jauh lebih cepat daripada di desktop. Jadi kami tahu perilaku mereka seperti apa,” katanya.

Sejak hadir di Indonesia pada 2012, Lazada menjalankan beberapa program untuk meningkatkan jumlah pengguna. Di tahun pertamanya, Lazada meluncurkan Lazada Express. Lalu, Lazada meluncurkan Lazada Marketplace di 2013. Pada 2014, Lazada merilis Fulfillment by Lazada (FBL) untuk meningkatkan layanan di bidang logistik dan distribusi.

Kemudian, Lazada bergabung dengan e-commerce terbesar asal Tiongkok, Alibaba pada 2016. Pada 2017, Lazada meluncurkan Lazada Club dan Lazada University guna memberikan pelatihan kepada penjual di platformnya. Tahun lalu, Lazada membuka LazMall, yang diklaim sebagai mal online terbesar di Asia Tenggara.

(Baca: Tokopedia dan Bukalapak Jadi Situs Belanja Paling Ramai di Akhir 2018)

Berdasarkan riset iPrice, peringkat kunjungan ke situs Lazada berfluktuatif pada 2018. Pada Kuartal I-2018, Lazada menempati posisi pertama. Lalu posisinya turun menjadi ketiga di Kuartal II-2018. Kemudian, Lazada menduduki peringkat keempat berturut-turut selama Kuartal III dan IV 2018. Meski begitu, Lazada menguasai 25% dari total pangsa pasar e-commerce di Asia Tenggara.

Adapun konser bertajuk ‘Super Party’ bakal digelar pada 26 Maret 2019, di ICE BSD City Tangerang, Banten. Bintang tamu yang bakal hadir di antaranya Dua Lipa, AgnezMo, Nadine Lustre dan Sam Concepcion, Dong Nhi, dan lainnya.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait