Optimasi Mesin Pencari Bisa Bantu Pebisnis Lebih Dikenal di Internet

Optimasi mesin pencari (SEO) bisa menekan biaya pemasaran.
Cindy Mutia Annur
13 Maret 2019, 15:49
Google digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Internet menjadi sarana bagi pebisnis untuk memperkenalkan produknya di era digital. Namun, kerasnya persaingan membuat pebisnis harus pandai dalam optimasi mesin telusur (Search Engine Optimization/SEO) supaya produknya lebih mudah ditemukan di internet.

Chief Executice Officer (CEO) Toffeedev Ryan Kristomuljono mengatakan, SEO bisa meningkatkan tampilan informasi terkait perusahaan hingga 90% di internet. Berdasarkan kajiannya, perusahaan skala menengah besar bisa meningkatkan penjualan 50-60% di internet. “Setengah dari omzetnya datang dari SEO,” ujarnya di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/3).

(Baca: Topik Hiburan dan Olahraga Terbanyak Dicari di Google Selama 2018)

Adapun Toffedev merupakan perusahaan penyedia jasa pemasaran secara digital. Toffedev juga menggagas SEO Conference 2019, sebagai wadah bertukar informasi seputar penggunaan SEO. Acara yang diselenggarakan pada 13-14 Maret 2019 ini dihadiri 405 orang yang mayoritas korporasi dan agen.

Advertisement

Pembicara yang hadir dalam konferensi tersebut berasal dari perusahaan Google, Bukalapak, GoJek, Traveloka, Pi Datametrics, Ruparupa, Doxa Digital, Green Park Content, Grovh, dan Toffedev.  “Strategi (SEO) ini merupakan yang paling populer dan diminati dari perusahan-perusahaan karena efektif dan biayanya relatif lebih murah,” ujar Ryan.

Content Marketing Strategist di Toffeedev Dwi Nurul menyebutkan dalam situs resmi perusahaan, ada 12 manfaat SEO bagi perusahaan. Pertama, meningkatkan pencarian organik produk di internet. Penelusuran organik adalah sebagian besar dari kinerja situs bisnis dan menjadi komponen penting untuk menarik pembeli.

Dalam hal ini, pengguna paling banyak menggunaka Google sebagai mesin pencari. Persentase penggunaan Google mencapai 75% dari total mesin pencari yang ada. Mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing, Baidu, Yandex, dan DuckDuckGo.

(Baca: 1 Juta Unit Usaha di Indonesia Terhubung dengan Google)

Kedua, SEO bisa membantu pebisnis membangun kredibilitas perusahaan. Ketiga, SEO bisa meningkatkan pengalaman pengguna dalam mencari produk atau informasi perusahaan di internet. Keempat, SEO lokal juga bisa memudahkan pengguna mencari informasi terkait perusahaan.

Kelima, konsumen biasanya mencari informasi terkait produk sebelum membeli. Maka, SEO berpeluang meningkatkan penjualan produk. Keenam, SEO selalu diperbarui sehingga pencarian informasi terkait perusahaan bisa tetap relevan. Ketujuh, SEO membantu pebisnis memahami lingkungan, termasuk konsumen.

Kedelapan, biaya pemasaran menggunakan SEO dinilai lebih murah. Kesembilan, SEO bisa menjadi salah satu strategi pemasaran jangka panjang. Kesepuluh, seluruh pelacakan bisa diukur melalui SEO sehingga analisa penjualan produk menjadi lebih cepat. Kesebelas, SEO juga berpeluang menciptakan peluang bisis baru.Terakhir, SEO membantu perusahaan agar informasi tentang produk berada di halaman pertama mesin pencari.

Reporter: Cindy Mutia Annur
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait