XL Axiata Gandeng Huawei untuk Perkuat Kualitas Jaringan

Tingkat latensi turun hingga sepersepuluh kali dan jumlah koneksi meningkat hingga 100 kali.
Desy Setyowati
2 Maret 2019, 06:00
XL Axiata
ANTARA

Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk menggandeng Huawei untuk membangun jaringan simplified transport dengan solusi Optical Networking 2.0. Jaringan ini dinilai bisa meningkatkan kualitas layanan, termasuk 5G.

CTO XL Axiata Yessie Dianty Yosetya mengatakan, infrastruktur ini akan mendukung fiberisasi seluruh jaringan milik perusahaan. Menurutnya, fiberisasi akan meningkatkan kualitas jaringan bagi pelanggan individu dan mendorong percepatan transformasi digital bagi kalangan korporasi.

"Solusi Huawei mendukung pembangunan jaringan bearer yang simpel dengan bandwith tinggi, namun memiliki tingkat latensi (tertundanya pengantaran data) yang minimal," kata dia dalam siaran pers, Jumat (1/3).

(Baca: Survei OpenSignal: Jaringan 4G Telkomsel Paling Unggul pada Akhir 2018)

President of Huawei Transmission & Access Product Line Richard Jin mengklaim, solusi Optical Networking 2.0  dapat menyederhanakan arsitektur jaringan. Di samping itu, solusi ini dinilai bisa mendukung konstruksi jaringan berorientasi 5G.

Sebab, solusi ini menggunakan all-optical cross-connect (OXC) yang mendukung dibangunnya jaringan mesh backbone secara tiga dimensi (3D) dan koneksi one-hop antar titik. Alhasil,  provisi layanan ke konsumen akhir (end-to-end) menjadi lebih cepat.

Secara sederhana, solusi ini membantu XL Axiata mengatasi seluruh tuntutan konektivitas di era 5G. Sebab, pita lebar 10 kali lebih luas, tingkat latensi turun hingga sepersepuluh kali, dan jumlah koneksi meningkat hingga 100 kali. Kompleksitas jaringan juga diprediksi meningkat hingga 10 kali lipat.

(Baca: Huawei Incar Pasar Pengembangan Teknologi Korporasi)

Sejalan dengan hal itu, jaringan tersebut diharapkan bisa mendukung layanan seperti Cloud VR dan 4K live broadcast. "Kami akan bekerja sama dengan XL Axiata untuk menghadirkan berbagai inovasi dan membangun jaringan yang fokus terhadap peningkatan pengalaman pengguna," ujar Richard.

Adapun kemitraan ini diumumkan di sela-sela Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Spanyol. Pada kesempatan itu, keduanya juga menandatangani Nota Kesepahaman perpanjangan kontrak lima-tahun untuk layanan managed services. Dengan begitu, Huawei akan menyediakan layanan pekerjaan, pemeliharaan, manajemen kinerja jaringan XL Axiata.

Video Pilihan

Artikel Terkait