Penjualan Tiket.com Melonjak Saat Ramadan

Agen tiket online harus berpromosi karena mulai ada tren masyarakat yang bersilaturahmi melalui chatting atau video call, tanpa mudik.
Pingit Aria
23 Mei 2018, 11:46
Tiket.com
Arief Kamaludin | Katadata

Sepekan memasuki bulan Ramadan, portal pemesanan tiket online Tiket.com sudah kebanjiran pesanan hotel dan sewa mobil. Chief Marketing Officer (CMO) & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa mencatat, pemesanan hotel naik sekitar 400% dan sewa mobil 300% dibanding musim mudik tahun lalu.

Menurutnya, kenaikan seperti ini lumrah terjadi saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. "Masyarakat sudah terbiasa membeli keperluan mudik di satu platform aplikasi, mulai dari transportasi hingga akomodasi,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Katadata, Selasa (22/5) kemarin.

Berdasarkan data Tiket.com, jumlah kunjungan dan penjualan tiket meningkat drastis saat memasuki pertengahan 2018. Berkaca pada kondisi tahun lalu, kata dia, puncak penjualan tiket kereta api dan pesawat terjadi pada H-3 lebaran.  Untuk kereta api, tiket yang paling banyak dibeli adalah rute Jakarta - Surabaya.

(Baca juga: Konsumsi BBM Lebaran 2018 Diprediksi Tertinggi dalam 5 Tahun Terakhir)

Advertisement

Begitu pun dengan tiket pesawat, rute Cengkareng-Surabaya merupakan yang paling banyak dipesan konsumen. "Kami perkiraan transaksi pemesanan tiket pesawat hingga akhir musim mudik lebaran tahun ini naik 200% dibanding (periode sama) tahun lalu,” kata Gaery.

Ia menjelaskan, Tiket.com menjalin kerja sama dengan distributor seperti hotel, maskapai penerbangan, dan berbagai tempat hiburan maupun penyelenggara acara. Dengan maskapai, misalnya, Tiket.com menawarkan pembayaran di muka supaya mendapat harga yang lebih murah. Alhasil, harga yang ditawarkan pada platform-nya menjadi lebih kompetitif.

Guna menjaring lebih banyak transaksi, Tiket.com pun menggelar kampanye 'mudik itu baik'. Hal itu mengacu pada kecenderungan masyarakat yang mulai menggantikan kehadiran dirinya di kampung halaman dengan media komunikasi lain seperti chatting atau video call

(Baca juga: Menhub Prediksi Lonjakan Pemudik karena Infrastruktur Membaik)

Supaya minat mudik meningkat, Tiket.com memberikan potongan harga tiket pesawat Rp 100 ribu, diskon hotel hingga 20% dan tiket kereta Rp 25ribu. Sewa mobil juga dibuat satu harga ke manapun tujuannya, yakni mulai Rp 275 ribu per 12 jam.

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait