Tembus 350 Juta, Pemain Gim Fortnite Lampaui Jumlah Penduduk Indonesia

Pemain gim Fortnite Battle Royale tembus 350 juta atau melampaui jumlah penduduk Indonesia, di tengah pandemi corona.
Desy Setyowati
8 Mei 2020, 10:49
Tembus 350 Juta, Pemain Gim Fortnite Lampaui Jumlah Penduduk Indonesia
instagram/@fortnite
Ilustrasi gim Fortnite

Pengembang gim Epic Games mengumumkan bahwa jumlah pemain (gamer) Fortnite Battle Royale lebih dari 350 juta secara global. Jumlahnya melampaui penduduk Indonesia yang sekitar 270 juta orang.

“Fortnite sekarang memiliki lebih dari 350 juta pemain terdaftar. Pada April, para pemain menghabiskan lebih dari 3,2 miliar jam dalam permainan,” kata tim administrasi Fortnite, melalui akun Twitter-nya @FortniteGame, kemarin (7/5).

Fortnite Battle Royale pun masuk jajaran game online yang paling banyak diunduh dalam 15 tahun terakhir. Fortnite juga termasuk gim favorit penonton e-sports tahun lalu, sebagaimana tecermin dari databoks berikut:

Pada Maret 2019, jumlah pemain Fortnite sekitar 250 juta. Jumlahnya melonjak 100 juta dalam setahun. (Baca: Momentum Baru Bisnis Gim dan E-Sports)

Salah satu faktor banyaknya jumlah pengguna Fortnite yakni gimnya tersedia di semua platform, yakni PC atau computer, konsol, dan seluler atau game online. Belum lagi, Sebagian masyarakat dunia berdiam diri akibat kebijakan karantina wilayah (lockdown) dan jaga jarak fisik akibat pandemi corona.

Baru-baru ini, Epic Games juga menambahkan party royale atau ruang sosial bebas-senjata di dalam gim yang memungkinkan pemain bergaul dengan pemain lain. “Semuanya merupakan bagian dari upaya Epic membangun jejaring sosial style-metaverse,” demikian dikutip dari The Verge.

Epic berencana menghadirkan lebih banyak konser virtual di party royale, di dalam gim. Pada hari ini misalnya, DJ Dillon Francis, Steve Aoki, dan deadmau5 akan hadir pada konser ‘back-to-back-to-back’ di area Main Stage permainan.

(Baca: Naik Kelas Ajang Kompetisi dan Ekosistem E-Sports)

Pada April lalu, Epic juga menggelar konser virtual yang menarik lebih dari 27,7 juta penonton. "Pertunjukan di Panggung Utama hanyalah beberapa dari banyak atraksi di Party Royale," kata perusahaan melalui situs web Fortnite.

Perusahaan berencana mengembangkan lebih banyak hal pada party royale. “Di ruang eksperimental dan perkembangan yang baru ini, ada banyak hal yang harus dilakukan dan tempat untuk dijelajahi,” ujar perusahaan.

Konser virtual terbaru Fortnite bahkan mengikuti set dalam gim Marshmello tahun lalu, yang dimainkan lebih dari 10 juta orang secara langsung.

MBW juga melaporkan bahwa Sony tengah membangun tim yang didedikasikan untuk menata ulang musik untuk digunakan pada Fortnite Epic Games’ Unreal Engine.

(Baca: Pengguna Gim Online Melonjak hingga ‘Down’ Imbas Pandemi Corona)

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait