Prank Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Disorot Media AS dan Inggris

Media asal AS dan Inggris menyoroti maraknya prank di tengah pandemi corona. Salah satunya YouTuber Ferdian Pelaku yang membuat konten sembako sampah.
Desy Setyowati
14 Mei 2020, 13:37
Prank Sembako Isi Sampah Ferdian Paleka Disorot Media AS dan Inggris
ANTARA FOTO/Ahmad Fauzan/rai/wsj.
Tersangka kasus candaan bantuan sosial yang berisikan sampah dan batu kepada transpuan, Ferdian Paleka dihadirkan saat gelar perkara di Polrestabes Bandung, Jawa Barat, Jumat (8/5/2020).

Media massa asal Amerika Serikat (AS) MSN dan Inggris, Mirror ikut memberitakan kasus gurauan atau prank sembako sampah yang dibuat YouTuber Ferdian Paleka. Mereka juga menyoroti maraknya konten lelucon di tengah pandemi corona.

Mirror.co.uk memberitakan tentang cara Ferdian memberikan sembako berisi sampah kepada waria saat pandemi virus corona. Artikel berjudul ‘YouTuber arrested after handing out boxes of rubbish disguised as food’ ini tayang pada Senin (11/5) lalu.

Media asal AS, MSN juga memberitakan kasus sembako isi sampah tersebut. Artikel berjudul ‘YouTuber under fire for giving homeless trans women rotten vegetables disguised as relief goods’ ini diunggah pada akhir pekan lalu (10/5).

Selain Ferdian, MSN menyoroti maraknya prank di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya vlogger asal Filipina Zeinab Harake yang mengaku positif virus corona.

Advertisement

(Baca: Ferdian Paleka Dibully, Ini Hak-Hak Tersangka Selama Ditahan)

Kedua media asing tersebut juga membahas tentang istilah ‘bencong’ yang merupakan sebutan bagi transgender di Indonesia. Mereka juga menjelaskan tentang Ferdian Pelaku yang diancam pidana penjara 12 tahun atas perbuatannya.

Sebelumnya, sejumlah korban yang diketahui merupakan waria mendatangi Kantor Satreskrim Polrestabes Bandung pada awal Mei (4/5), dini hari. Mereka melaporkan perbuatan Ferdian.

Salah seorang pelapor, Sani (39 tahun) mengatakan, aksi prank Ferdian itu dilakukan pada Kamis (30/4) lalu. Saat itu, dia bersama rekan-rekan waria lainnya berada di Jalan Ibrahim Adjie, Kota Bandung.

(Baca: Polisi Tangkap Pelaku Prank Bansos Sampah Ferdian Paleka di Tol Merak)

Kemudian Ferdian bersama teman-temannya datang sambil menawarkan bantuan dalam kardus kepada para waria itu. “Dia memberikan bingkisan, kemudian saya bawa, ini temen saya dikasih satu. Dia pergi dan saya buka tiba-tiba itu toge busuk," kata Sani.

Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung akhirnya menangkap Ferdian Paleka di ruas tol Jakarta-Merak pada akhir pekan lalu (8/5) sekitar Pukul 01.00 WIB. Ia ditangkap bersama seorang rekannya berinisial A.

"Para tersangka kasus prank sudah diamankan semua," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Bandung, AKBP Galih Indragiri dikutip dari Antara, Jumat (8/5).

(Baca: Google Hapus Konten Prank Sembako Sampah YouTuber Ferdian Paleka)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait