Bos Amazon Diramal Jadi Triliuner Pertama dengan Kekayaan Rp 14.900 T

Kekayaan CEO Amazon Jeff Bezos diprediksi tembus US$ 1 triliun pada 2026, atau triliuner pertama di dunia.
Desy Setyowati
Oleh Desy Setyowati
15 Mei 2020, 18:38
Bos Amazon Diramal Jadi Triliuner Pertama dengan Kekayaan Rp 14.900 T
Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon Jeff Bezos

CEO Amazon Jeff Bezos diprediksi menyandang status triliuner pertama di dunia pada 2026. Artinya, kekayaannya diperkirakan tembus US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14.900 triliun.

Proyeksi tersebut berdasarkan riset oleh perusahaan pembanding bisnis Comparisun. Prediksi ini mengacu pada rata-rata pertumbuhan kekayaan Jeff Bezos selama lima tahun terakhir.

“Kekayaan bersih Jeff Bezos tumbuh rerata 34% selama lima tahun terakhir,” demikian kata Comparisun, dikutip dari USAToday, kemarin (14/5).

Per kemarin, kekayaan bersih Bezos diperkirakan mencapai US$ 143 miliar atau sekitar Rp 2.126 triliun menurut Indeks Billionaires Bloomberg. Dibandingkan tahun lalu, kekayaan bos Amazon ini melonjak lebih dari US$ 28 miliar.

(Baca: Harta 4 Orang Terkaya Dunia Naik saat Pandemi, Pemilik LV Terpuruk)

Bertambahnya kekayaan Bezos sejalan dengan meningkatnya transaksi di Amazon. Penjualan raksasa e-commerce asal Amerika Serikat (AS) itu pun melonjak selama pandemi corona.

Namun, laba perusahaan justru turun 29% menjadi US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 37,9 triliun pada kuartal pertama tahun ini. Dikutip dari Forbes, penurunan laba disebabkan oleh tingginya pengeluaran perusahaan dalam menangani permintaan selama pandemi virus corona.

Amazon menggelontorkan dana US$ 4 miliar atau Rp 60 triliun untuk membeli alat pelindung bagi karyawan dan upah pegawai yang lebih tinggi. (Baca: Kekayaan Bos Amazon & Zoom Melonjak di Tengah Pandemi Corona)

Permintaan produk di Amazon yang tinggi selama pandemi Covid-19 memang berdampak pada peningkatan penjualan. Dalam laporan perusahaan, transaksi tembus US$ 75,5 miliar pada kuartal pertama.

Penjualan tersebut naik 26% dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Akan tetapi, perusahaan harus berinvestasi untuk meningkatkan layanan pengiriman.

Alhasil, laba perusahaan turun 29% menjadi US$ 2,5 miliar. Bezos bahkan mengisyaratkan bahwa laba perusahaan akan terus turun dalam waktu dekat.

Kendati begitu, proyeksi bahwa Bezos akan menjadi triliuner pertama di dunia justru memicu kemarahan warganet AS di Twitter. "Jeff Bezos akan menjadi triliuner pertama di dunia sementara kita akan memasuki depresi," kata akun @Thomas_A_Moore.

(Baca: Harta Miliarder Dunia Tergerus Covid-19, Jeff Bezos Tetap yang Terkaya)

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait