Pos Indonesia Ungkap 2 Perubahan Belanja di E-Commerce Selama Pandemi

Cindy Mutia Annur
14 Juli 2020, 17:34
Pos Indonesia Ungkap 2 Perubahan Belanja di E-Commerce Selama Pandemi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Perusahaan logistik PT Pos Indonesia mencatatkan pengiriman barang melalui e-commerce naik 42% selama April-Juni. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pun mengungkapkan dua perubahan pola berbelanja online selama pandemi corona.

Pertama, jenis barang yang paling banyak dibeli di platform dan dikirim berubah. Sebelum ada pandemi Covid-19, produk yang paling sering dibeli yakni pakaian dan kosmetik.

Kini, masyarakat mulai membeli bahan pokok melalui e-commerce. “Beras dan minyak goreng pun dibeli melalui platform online,” kata Direktur Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Charles Sitorus saat mengikuti acara Katadata Webinar bertajuk ‘Perubahan Konsumen Belanja Online’, Selasa (14/7).

(Baca: Bukalapak Gaet HappyFresh, E-Commerce Bersaing Ketat Jual Bahan Pokok)

Perubahan itu sejalan dengan pola konsumsi masyarakat yang berubah. Hal ini tecermin pada Databoks di bawah ini:

Kedua, masyarakat mulai mencoba layanan pembayaran non-tunai saat berbelanja di e-commerce. Sebelumnya, konsumen banyak yang memilih metode pembayaran bayar di tempat (cash on delivery/COD) karena dinilai lebih aman.

“Fenomena pandemi virus corona ini, orang cenderung ke non-cash. Maka, kami kerja sama dengan para penyedia layanan e-wallet,” ujar Charles.

(Baca: Peta Persaingan Gojek, Grab & E-Commerce di Pesan Antar Bahan Makanan)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...