Indosat hingga XL Tawarkan Paket Internet Murah untuk Pelajar-Karyawan

Indosat, Telkomsel, Tri dan XL Axiata menyediakan paket internet yang diklaim murah untuk pelajar, mahasiswa dan karyawan selama pandemi corona.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
30 Juli 2020, 06:30
Indosat hingga XL Tawarkan Paket Internet Murah untuk Pelajar-Karyawan
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Ilustrasi, sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet gratis yang disediakan sebuah warung kopi di Jombang, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (29/7/2020).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo, Telkomsel, Tri, dan XL Axiata meluncurkan paket internet yang diklaim murah bagi pelajar, mahasiswa, dan karyawan. Kuota internet ini bisa digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi yang paling sering digunakan, khususnya saat pandemi corona.

Indosat memberikan paket internet kuota harian 1 Gigabyte (GB) dan bulanan 28GB. Ada pula paket aplikasi khusus dengan mengakses di *123# atau myIM3.

"Paket aplikasi khusus bisa digunakan untuk kebutuhan di rumah seperti conference call meeting, belajar, dan hiburan," ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk kepada Katadata.co.id, Rabu (29/7). 

Selain itu, terdapat paket Pendidikan IMcalls dengan kuota internet 30 GB untuk mendukung belajar dari rumah. Lalu, ada IMpreneur dengan kuota internet 320 GB yang menyasar karyawan.

Sedangkan Telkomsel meluncurkan Paket Ilmupedia E-Learning Session, dengan uota internet 10 GB seharga Rp 10. "Paket ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar untuk mengakses 10 platform edutech, situs e-learning dari 245 perguruan tinggi dan sekolah menengah di Indonesia,” ujar Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Adhi Putrant.

Platform yang bisa diakses yakni Quipper, Zenius, Udemy, Cakap, Bahaso, Sekolah.mu, Ganeca digital, Kipin School 4.0, Ayoblajar, dan Aminin.

Lalu, Tri menyediakan tambahan kuota untuk akses aplikasi e-learning hingga 30 hari. Layanan ini bisa digunakan untuk mengakses Google Classroom, Ruangguru, Edmodo, dan Zenius.

“Keempat aplikasi e-learning itu yang paling banyak di akses oleh pelanggan kami," ujar Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto. Pelanggan juga dapat menukarkan poin BonsTri dengan voucer potongan 50% untuk aplikasi Ruangguru.

Selain itu, tersedia voucer uang kembali (cashback) pulsa selama tiga bulan setiap mengisi pulsa, bagi pengguna baru. Caranya, dengan mengunduh aplikasi Bima+ untuk mendapatkan kuota tambahan 6 GB.

XL Axiata pun meluncurkan paket internet untuk pelajar dan mahasiswa atau Xtra Edukasi dalam tiga varian. Pertama, 2 Gigabyte (GB) seharga Rp 1.000 berlaku sehari. Kedua, 5 GB dibanderol Rp 2.500 untuk tiga hari.

Terakhir, 15 GB seharga Rp 7.500 untuk tujuh hari. “Pelajar dapat memanfaatkan paket ini untuk mengakses aplikasi dan website pemerintah untuk membantu belajar dari rumah,” Chief Sales Officer XL Axiata Octavia Kurniawan.

Aplikasi yang dimaksud seperti Ruangguru, Zenius, dan Sekolahmu. Selain itu, situs web yang bisa diakses yakni Rumah Belajar pada tautan belajar.kemendikbud.go.id, serta Spada Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan spada.kemdikbud.go.id atau lmsspada.kemdikbud.go.id/. 

Sedangkan mahasiswa bisa menggunakan paket Xtra Edukasi untuk mengakses platform yang memuat materi kuliah di 39 universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Daftar perguruan tinggi ini dapat dilihat pada aplikasi myXL.

Lalu, paket internet untuk pegawai atau Xtra Conference juga hadir dalam tiga varian. Pertama, 2 GB seharga Rp 2.000 untuk sehari. Kedua, 5G yang dibanderol Rp 4.000 untuk tiga hari.

Terakhir, 15 GB seharga Rp 10.000 untuk tujuh hari. “Ini bisa untuk mendukung aktivitas bekerja dari rumah,” kata Octavia.

Ada lima aplikasi yang bisa diakses menggunakan paket internet itu. Kelimanya yakni Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

XL Axiata mencatat, platform-platform tersebut paling banyak digunakan selama pandemi virus corona. "Traffic ke aplikasi-aplikasi itu naik lebih dari 60% sejak pandemi,” katanya.

 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait