Gaet Ericsson, XL Axiata Bangun Teknologi 5G di Timur Indonesia

XL Axiata memakai dua solusi teknologi Ericsson yang dinilai dapat meningkatkan kinerja jaringan. Maka, penerapan 5G bisa dilakukan di timur Indonesia.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
30 Juli 2020, 18:54
Gaet Ericsson, XL Axiata Bangun Teknologi 5G di Timur Indonesia
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Ilustrasi, teknisi XL Axiata memeriksa perangkat BTS di kawasan Rasuna Said, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Perusahaan telekomunikasi, XL Axiata bekerja sama dengan Ericsson untuk mengimplementasikan jaringan internet generasi kelima (5G) di kawasan timur Indonesia. Teknologi yang dibawa oleh Ericsson disebut-sebut mampu meningkatkan kinerja jaringan.

Solusi yang ditawarkan Ericsson kepada XL Axiata yakni Cloud Packet Core. Layanan ini meliputi Evolved Packet Gateway, yang memungkinkan arsitektur jaringan inti (core network) terdistribusi dan meningkatkan kinerja jaringan.

Teknologi itu juga diklaim meningkatkan efisiensi layanan. Sebab, Evolved Packet Gateway dapat dikembangkan menjadi operasi mode ganda 5G Cloud Core, 5G EPC dan 5G Core (5GC).

Selain itu, XL Axiata mengadopsi jaringan inti Network Functions Virtualization Infrastructure (NFVI). NFVI memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan teknologi-teknologi baru dengan kustomisasi bawaan dan inovasi.

Dengan begitu, NFVI dapat mendukung pengenalan layanan baru. Selain itu, dapat memperkaya pengalaman pengguna dalam menggunakan internet.

Solusi itu juga memungkinkan operator mengimplementasikan telekomunikasi virtual, OSS, BSS, IT dan aplikasi pada media dengan kecepatan penuh. Layanan ini erintegrasi dengan edge computing dan pengelolaan kontainer, sehingga bisa menerapkan aplikasi berbasis komputasi awan (cloud) dengan cepat dan berisiko rendah.

Chief Technology OfficerXL Axiata Yessie D Yosetya optimistis, teknologi itu dapat membantu perusahaan menjadi pemimpin pasar di Tanah Air. Selain itu, “mampu memenuhi permintaan pengguna yang terus meningkat,” kata dia dikutip dari siaran pers, Kamis (30/7).

Berdasarkan laporan Ericsson Mobility Report edisi Juni 2019, rata-rata penggunaan data di perangkat 5G di Indonesia diperkirakan meningkat 10 kali lipat. “Pengguna selalu mencari teknologi canggih saat ini,” katanya.

Country Head of Ericsson Indonesia Jerry Soper mengaku, perusahaan memimpin pasar Evolved Packet Core virtual dan NFVI dalam beberapa tahun terakhir. “Kematangan penerapan perangkat lunak (software) kami, stabilitas kinerja operasional dan kemampuan pengiriman lokal menjadi faktor penting bagi XL Axiata dalam memilih kami,” katanya.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait