Dorong Ekspor, Traveloka & Shopee Ikut Pesta Diskon se-ASEAN Hari Ini

Traveloka dan Shopee berkomitmen mendorong ekspor produk Indonesia, khususnya UMKM, melalui pesta diskon se-ASEAN pada hari ini.
Desy Setyowati
8 Agustus 2020, 11:57
Dorong Ekspor, Traveloka & Shopee Ikut Pesta Diskon se-ASEAN Hari Ini
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Shopee dan Traveloka berpartisipasi dalam pesta diskon ASEAN Online Sale Day (AOSD) secara serentak pada hari ini (8/8). Melalui ajang ini, kedua perusahaan berkomitmen mendorong ekspor barang dan jasa dari perusahaan Indonesia, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

AOSD bertujuan mendorong dan memfasilitasi niaga elektronik antarnegara di ASEAN atau crossborder e-commerce. Traveloka pun menawarkan diskon hingga 50% untuk produk transportasi, akomodasi, gaya hidup sampai kuliner.

Traveloka menjadi satu-satunya perusahaan di bidang perjalanan dan pariwisata yang mewakili Indonesia pada AOSD 2020. CMO Traveloka sekaligus CEO Traveloka Experience Christian Suwarna mengatakan, perusahaan berfokus menawarkan produk para mitra UMKM di Tanah Air.

“Kami berharap dapat memberikan kesejahteraan bagi para UMKM, dengan menstimulasi tingkat permintaan konsumen selama periode transisi adaptasi kebiasaan baru (new normal),” kata Christian dikutip dari siaran pers, Sabtu (8/8). Harapannya, pesta diskon ini dapat mendorong ekspor nasional, terutama di sektor pariwisata.

Perusahaan e-commerce asal Singapura, Shopee juga berpartisipasi dalam festival belanja di ASEAN itu. Shopee mengaku akan mendukung pertumbuhan ekspor nasional, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

Caranya, dengan memasarkan produk lokal unggulan ke pasar ASEAN. “Melihat dampak yang cukup besar bagi UMKM Indonesia, kami mendukung kampanye AOSD,” kata Head of Public Policy & Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo.

Ajang itu juga diharapkan membantu para pelaku UMKM binaan Shopee dalam pemanfaatan platform digital untuk memasarkan produk. “Kami berharap para pelaku usaha dapat bersinergi memperluas pangsa pasar ekspor Indonesia ke negara ASEAN guna mendorong roda perputaran ekonomi,” ujar dia.

AOSD 2020 mengusung tema A Click to Prosperity, yang menekankan pada tindakan sederhana dari ‘klik’ untuk menyejahterakan masyarakat ASEAN. Selama pesta diskon ini, Shopee memberikan diskon hingga 80%.

Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor, Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Marolop Nainggolan optimistis bisa mendorong ekspor melalui AOSD 2020. “Juga menegaskan bahwa para pelaku usaha di ASEAN siap untuk menyongsong era normal baru dan kembali melayani konsumen,” katanya.

 

Video Pilihan

Artikel Terkait