Strategi ShopeePay Saingi GoPay dan OVO: Diskon, Mitra, E-Commerce

Cindy Mutia Annur
25 Agustus 2020, 18:30
Strategi ShopeePay Saingi GoPay dan OVO: Diskon, Mitra, E-Commerce
shopeepay.co.id
Ilustrasi platform Shopee

Riset Snapcart menunjukkan, jumlah pengguna dan transaksi di platform ShopeePay melampaui GoPay besutan Gojek dan OVO selama tiga bulan terakhir. Teknologi finansial (fintech) pembayaran terkait Shopee ini menerapkan beberapa strategi untuk merebut pasar kedua pemain utama.

Salah satunya, menyediakan berbagai promosi seperti potongan harga atau diskon, uang kembali (cashback), beli satu gratis satu, dan lainnya. Yang teranyar, ShopeePay menggelar kampanye Rp 1 selama 18 Agustus hingga 9 September.

Advertisement

Diskon berupa voucer seperti itu berfokus mendorong transaksi mitra penjual (merchant) yang menerapkan bisnis online to offline (O2O). "Kami percaya, kampanye ini bisa mendorong penetrasi transaksi digital di Indonesia serta mendukung cashless society," ujar Manager Marketing ShopeePay Cindy Candiawan saat konferensi pers virtual, Selasa (25/8). 

Selain itu, ShopeePay berfokus menggaet banyak mitra untuk meningkatkan transaksi. Saat ini, perusahaan telah menggaet ratusan ribu mitra di Indonesia mulai dari sektor kuliner, busana, ritel, logistik hingga donasi.

ShopeePay menjadi salah satu metode pembayaran yang tersedia di platform e-commerce Shopee. Setidaknya, 45% transaksi di platform ini menggunakan ShopeePay.

Lalu, transaksi mitra O2O juga meningkat enam kali lipat dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa merchant itu di antaranya Alfamart, Chattime, Starbucks, Burger King, McDonald's, dan lainnya. 

ShopeePay juga telah hadir di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia. Transaksi di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pun meningkat lebih dari delapan kali lipat.

Selain itu, mengandalkan transaksi di platform Shopee. Apalagi, berdasarkan riset iPrice, Shopee menempati urutan pertama dengan jumlah kunjungan terbanyak pada kuartal II 2020, yakni 93,44 juta per bulan.

Shopee mengalahkan Tokopedia yang jumlah kunjungan ke platform-nya 86,103 juta per bulan. Posisi ketiga ditempati oleh Bukalapak 35,3 juta. Lalu, Lazada 22 juta, Blibli 18 juta, dan JD.id 9,3 juta.

Layanan e-commerce pun kian diminati selama pandemi corona. Hal ini tecermin pada Databoks di bawah ini:

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement