Strategi Anyar Ruangguru hingga Zenius Gaet Pengguna saat Pandemi

Fahmi Ahmad Burhan
25 September 2020, 19:32
Strategi Anyar Ruangguru hingga Zenius Gaet Pengguna saat Pandemi
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/nz
Ilustrasi, siswa mengerjakan tugas sekolah di rumahnya di Pekanbaru, Riau, Kamis (16/4/2020).

Pengguna platform pendidikan digital melonjak saat pandemi corona. Startup seperti Ruangguru, Zenius, Quipper dan AyoBlajar pun menyiapkan strategi baru untuk menggaet lebih banyak konsumen.

Zenius memiliki 15,7 juta lebih pengguna di 300 kota dan kabupaten. CEO Zenius Rohan Monga mengatakan, jumlahnya melonjak 12 kali lipat secara tahunan (year on year/yoy) per kuartal II.

Advertisement

Perusahaan menargetkan bisa menggaet 30 juta pelajar di Indonesia yang sudah terakses internet. Zenius pun menerapkan beberapa strategi, salah satunya dengan meluncurkan produk baru.

Layanan anyar yang dimaksud yakni pembelajaran secara langsung atau live teaching. “Kami meluncurkan produk baru yang benar-benar dibutuhkan pengguna," kata Rohan kepada Katadata.co.id, Jumat (25/9).

Selain itu, merilis produk ultima dan optima yang menghadirkan konsep belajar secara langsung dan interaktif. Pengguna dapat memberikan pertanyaan langsung kepada tutor dan akan dibahas dalam sesi yang sama.

Startup pendidikan itu juga menggaet Gojek pada April lalu. Melalui kemitraan ini, layanan Zenius dapat diakses melalui aplikasi Gojek.

Rohan tidak memerinci kontribusi decacorn Tanah Air itu dalam menggaet pengguna baru. Namun ia mengatakan bahwa kerja sama itu efektif untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

Ke depan, Zenius berencana meluncurkan lebih banyak fitur pendukung belajar mengajar. Salah satunya, fitur otomasi pembahasan soal (automated doubt solving experience) yang mengandalkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Startup sejenis lainnya, Ruangguru memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar. Jumlahnya melonjak dua juta lebih sejak awal tahun.

Perusahaan juga menggaet 300 ribu lebih guru privat.

Ruangguru gencar berkolaborasi untuk meningkatkan transaksi, salah satunya menggaet Telkomsel. Melalui kerja sama ini, perusahaan menyediakan paket langganan bulanan dan berfokus menyasar segmen generasi muda.

Selain itu, menggandeng Persada Capital Investama dan Adaro Foundation untuk memberikan beasiswa kepada 1.200 pelajar kelas 12 SMA. Perusahaan mencatat, 80% di antaranya masuk perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan.

"Terlepas dari tingginya persaingan untuk masuk PTN, tetapi siswa ini membuktikan bahwa kerja keras dan ketekunan membawa hasil," kata Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara dikutip dari siaran pers, kemarin (24/9).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement