Ampuhnya Pesona Artis Korea Mengerek Penjualan E-Commerce Indonesia

Desy Setyowati
16 Oktober 2020, 18:30
Menaksir Dampak Pesona Artis Korea Selatan Bagi E-Commerce
Stanisic Vladimir/123rf
Ilustrasi

Perusahaan e-commerce asal Singapura, Lazada Group mengumumkan aktor Korea SelatanLee Min Ho sebagai duta merek (brand ambassador) dalam rangka festival belanja 11.11. Strategi bertajuk hallyu atau korean wave ini lebih dulu diterapkan oleh Shopee sejak akhir 2018 dan Tokopedia pada tahun lalu.

Peneliti bisnis dan pemasaran dari Universitas Prasetiya Mulya Agus Soehadi mengatakan, selebritas Korea Selatan berperan sebagai pendukung yang dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk. Tren e-commerce menggaet artis Negeri Ginseng tidak terlepas dari penggemar hallyu di Indonesia.

Advertisement

Ia mencontohkan, salah satu brand mie instan menggunakan aktor sekaligus penyanyi Korea Selatan Choi Siwon. "Salah satu alasan utamanya, banyak konsumen Indonesia yang menyukai drama korea," kata Agus kepada Katadata.co.id, Jumat (16/10).

Sedangkan Shopee menggandeng Blackpink dalam rangka hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 di Filipina, Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan, dan Indonesia pada 2018. Grup penyanyi perempuan asal Negeri Ginseng ini pun tampil di empat stasiun televisi nasional.

blackpink
Blackpink (Instagram/@blackpinkofficial)

E-commerce asal Singapura tersebut pun mencatatkan rekor 12 juta lebih transaksi di tujuh negara saat itu. Sebanyak 5,4 juta di antaranya berasal dari Indonesia.

Lebih dari 48 juta pengguna mengunjungi platform Shopee. Selain itu, gim goyang Shopee dimainkan 46 juta kali.

Dalam waktu tiga bulan, Shopee menyalip Lazada dari sisi jumlah kunjungan terbanyak per bulan ke platform di regional pada awal 2019. Padahal Lazada masih memimpin pada akhir 2018, berdasarkan data iPrice.

Jumlah kunjungan ke platform Shopee pada kuartal I 2019 naik 5% dibandingkan kuartal IV 2018 secara regional. Sedangkan Lazada turun 12%.

Shopee pun menggandeng lebih banyak selebritas Korea Selatan. E-commerce ini kemudian mengadakan fanmeeting dengan Red Velvet pada April 2019.

Para penggemarnya yang disebut ReVeluv dapat berinteraksi dengan semua anggota grup yakni Irene, Yeri, Joy, Seulgi, dan Wendy melalui fitur siaran langsung di aplikasi. Dalam satu jam, lebih dari 170 ribu pengguna menonton dan mengajukan pertanyaan kepada para idolanya.

Jumlah kunjungan Shopee di Tanah Air pun melampaui Bukalapak, sehingga berada di urutan kedua setelah Tokopedia pada kuartal II 2019.

Lalu, perusahaan menggaet GFriend pada November 2019. Pada pesta diskon 11.11 itu, perusahaan membukukan penjualan hingga 70 juta produk di tujuh negara.

Kali ini, jumlah kunjungannya menyalip Tokopedia. Perusahaan pun menempati urutan pertama di Indonesia pada akhir 2019.

Dengan strategi hallyu itu dan beragam promosi, Shopee juga memimpin di regional dari sisi jumlah kunjungan per bulan ke platform. Ini dapat dilihat pada Databoks berikut:

 

Shopee pun melanjutkan strateginya dengan menggaet perusahaan hiburan dan gaya hidup, CJ ENM untuk menghadirkan festival budaya Korea KCON secara online pada Juni lalu. Acara ini menghadirkan sejumlah grup penyanyi seperti GFriend, ITZY, Mamamoo, dan Monsta X.

Pada festival belanja 9.9, perusahaan menggaet GFriend. Lalu menggandeng GOT7 pada bulan ini, dan yang teranyar Straykids.

Dengan strategi tersebut, Shopee masih memimpin dari sisi jumlah kunjungan per bulan di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam pada Kuartal II berdasarkan data iPrice. Sedangkan Lazada unggul di Filipina.

Padahal, Shopee hanya unggul di Vietnam dan Indonesia pada awal tahun lalu. Setelahnya, dominasi perusahaan terus meluas di regional.

Sedangkan jumlah kunjungan ke platform e-commerce di nusantara dapat dilihat pada Databoks berikut:

iPrice menilai, Shopee memimpin pasar e-commerce Asia Tenggara karena berfokus meningkatkan interaksi pengguna di aplikasi. Contohnya, hiburan serta program yang mengedepankan tokoh budaya populer.

Rezki Yanuar, yang pada 2019 menjabat sebagai Country Brand Manager Shopee Indonesia menyampaikan, jumlah pengikut akun Instagram resmi perusahaan naik 60 ribu ketika mengadakan fanmeeting dengan Lisa Blackpink pada Agustus 2018.

"Pasar K-pop itu sangat besar, karena penggemarnya royal terhadap idola mereka. Apalagi eksistensi ‘K-popers’ di internet luar biasa kuatnya, terutama di Twitter. Kalau salah satu idola melakukan hal apapun, khususnya terkait Indonesia, pasti langsung menjadi topik populer,” kata Rezki dalam acara Social Media Week 2019, dikutip dari Sociolla.com, akhir tahun lalu (28/11/2019).

Selain menggaet selebritas Korea Selatan, Shopee gencar memberikan promosi setiap bulannya. "Ke depan kami terus berikan promo yang menarik, baik ada pandemi corona atau tidak," kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja saat konferensi pers Shopee 11.11 Big Sale, kemarin (15/10).

Ia menilai, strategi itu efektif untuk menggaet pengguna baru. Apalagi, e-commerce menjadi salah satu layanan yang dijajal banyak masyarakat saat pandemi Covid-19, sebagaimana Databoks berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement