Langkah Baru Traveloka untuk Bangkit dan Bidik Untung Tahun Depan

Desy Setyowati
20 Oktober 2020, 06:00
Siasat Bisnis Traveloka yang Disebut Berpotensi Untung Tahun Depan
pat138241/ 123rf
Ilustrasi

Perusahaan penyedia jasa pariwisata berbasis digital atau online travel agent (OTA), Traveloka disebut-sebut siap untuk mencapai titik impas pada tahun depan, dan bahkan berpotensi untung. Namun, ini jika industri perjalanan pulih setidaknya 50% dibandingkan sebelum ada pandemi corona.

Hal itu dilaporkan pertama kali oleh DealStreetAsia. Katadata.co.id pun mengonfirmasi mengenai potensi tersebut kepada Traveloka, tetapi belum ada tanggapan hingga berita ini dirilis.

Advertisement

Co-Founder sekaligus CEO Traveloka Ferry Unardi sempat menyampaikan bahwa perusahaan berada pada jalur yang tepat untuk meraup keuntungan. Ini disampaikan saat wawancara dengan jurnalis Bloomberg, pada November tahun lalu.

Pandemi virus corona lantas menghantam bisnis industri pariwisata, termasuk Traveloka. Pada Juli lalu, Ferry menyampaikan bahwa permintaan konsumen menurun drastis, sementara pengembalian dana (refund) melonjak signifikan.

Tingkat hunian hotel juga menurun ke level terendah. Mitra aktivitas lifestyle di domestik maupun regional, serta restoran bahkan harus menutup operasional bisnis untuk sementara waktu karena pandemi Covid-19.

Itu mengakibatkan bisnis Traveloka jatuh ke titik terendah yang belum pernah terjadi sejak pertama berdiri.

Meski begitu, Ferry optimistis perusahaannya akan bangkit kembali dengan adanya penyesuaian strategi bisnis secara cepat. Di Vietnam misalnya, bisnis mulai stabil dan mendekati periode sebelum adanya pandemi Covid-19.

Sedangkan di Thailand, hampir melampaui 50% dibandingkan situasi normal. “Meskipun Indonesia dan Malaysia masih berada di tahap awal pemulihan, tapi kedua pasar ini terus memperlihatkan momentum yang menjanjikan dengan kemajuan dari minggu ke minggu,” kata Ferry dikutip dari siaran pers, Juli lalu (28/7).

Tingkat hunian hotel di Indonesia misalnya, mulai meningkat dibandingkan Maret. Ini tecermin pada Databoks di bawah ini:

Traveloka memang meluncurkan beberapa layanan baru di tengah pandemi Covid-19. Pada April, unicorn ini menyediakan fitur konten video Jendela XERU pada platform Traveloka Xperience.

Kemudian, menghadirkan paket donasi mulai dari Rp 11 ribu hingga Rp 27 ribu per porsi untuk mendukung mitra restoran Traveloka Eats pada Mei lalu. Lalu, perusahaan menyediakan layanan uji tes risiko tertular Covid-19 di 44 kota pada Juni.

Traveloka juga promosi berupa flash sale melalui fitur siaran langsung (live streaming) di media sosial. Perusahaan gencar memasarkan produk dengan konten seputar staycation, roadtrip, dan lainnya yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Salah satu mitra, The Alana Hotel and Conference Center Malioboro Yogyakarta menyebutkan bahwa pemesanan kamar saat itu naik 1.100% dibandingkan sebelum adanya diskon. Traveloka juga mencatat bahwa transaksi mulai meningkat, meski belum kembali ke kondisi sebelum adanya pandemi.

Menyadari potensi itu, perusahaan meluncurkan fitur Buy Now Stay Later untuk akomodasi dan Mesin Waktu dari Traveloka Xperience. Ini memungkinkan pengguna memesan layanan terlebih dulu, sedangkan menginap atau bepergian ditentukan kemudian.

Pada bulan yang sama, perusahaan juga meluncurkan fitur siaran langsung di platform Traveloka LIVEstyle. Sebulan kemudian, startup ini menyediakan jasa tes cepat (rapid test) risiko tertular virus corona di Bandara Soekarno Hatta.

Untuk dapat terbang menggunakan pesawat, calon penumpang memang harus memiliki surat keterangan bebas Covid-19 berdasarkan hasil rapid test maupun PCR.

Selain itu, Traveloka menggandeng Pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mendigitalisasi pemasaran produk pariwisata pada akhir Juli.

Lalu, menggaet delapan maskapai penerbangan yang memungkinkan pengguna mengubah jadwal penerbangan berkali-kali tanpa dikenakan biaya tambahan. Perusahaan yang diajak kerja sama yakni Garuda Indonesia, All Nippon Airways, Cathay Pacific, Singapore Airlines, Scoot, Jetstar, Japan Airlines, dan American Airlines.

Yang terbaru, Traveloka meluncurkan tur virtual. “Ini menjadi peluang dan pembuka jalan di tujuh negara di mana kami beroperasi,” kata Head of Marketing Traveloka Xperience Terry Santoso saat konferensi pers peluncuran fitur tur virtual, pada awal Oktober lalu (8/10).

traveloka
Traveloka (Traveloka)

Traveloka menggunakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan maha data atau big data untuk memberikan rekomendasi wisata secara virtual. Selain itu, ada pramuwisata yang menjelaskan mengenai destinasinya.

Fitur itu dapat diakses pengguna di Bali, dan akan diluncurkan di Nusa Tenggara Barat, Sumatera Barat, dan lainnya bulan depan. Traveloka mengenakan biaya mulai dari Rp 50 ribu untuk layanan ini.

Traveloka bekerja sama dengan perusahaan teknologi di sektor pariwisata, Atourin untuk menyediakan fitur tur virtual. Atourin menyediakan layanan one-stop-solution bagi wisatawan seperti informasi obyek wisata, rekomendasi rencana perjalanan, dan jasa pemesanan pemandu wisata tersertifikasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio pun berharap, layanan digital dapat menciptakan ekosistem yang lebih kuat. “Ada tur virtual interaktif yang menyinergikan berbagai pihak di sektor pariwisata,” kata dia.

Layanan siaran langsung dan tur virtual juga sudah dilakukan di Tiongkok. Unit bisnis Alibaba di bidang pariwisata, Fliggy bahkan menggelar setidaknya 25 ribu acara online sejak Februari hingga awal Juni, dan menarik lebih dari 70 juta pemirsa.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement