Iklan Mulai Pulih, Pendapatan Facebook, Google, Apple dan Twitter Naik

Desy Setyowati
30 Oktober 2020, 11:10
Iklan Mulai Pulih, Pendapatan Facebook, Google, Apple dan Twitter Naik
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi Google

Pendapatan Facebook, Google, dan Twitter meningkat pada kuartal III, karena permintaan iklan mulai naik meski masih ada pandemi corona. Penghasilan produsen ponsel pintar (smartphone), Apple juga menanjak, bahkan yang tertinggi dibanding kuartal sebelumnya pada tahun ini.

Perolehan Facebook dari iklan naik 22% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi US$ 21,47 miliar pada kuartal III, dan melebihi perkiraan analis 12%. Pertumbuhan pendapatannya dari iklan online pun merupakan terbesar kedua di dunia setelah Google.

Advertisement

Padahal, raksasa teknologi ini sempat diboikot oleh beberapa klien pada Juli lalu terkait penanganan ujaran kebencian.

Meski begitu, Facebook memperkirakan bahwa persaingan tahun depan lebih ketat, karena perusahaan lain akan mengalihkan bisnis iklannya ke platform online. “Perdagangan online merupakan vertikal iklan terbesar kami. Perubahan tren ini dapat menjadi hambatan bagi pertumbuhan pendapatan iklan kami pada 2021,” kata perusahaan dikutip dari Reuters, Jumat (30/10).

Oleh karena itu, Facebook membangun bisnis non-iklan dan mengatasi persoalan privasi. Total pengeluarannya pun meningkat 28% menjadi US$ 13,43 miliar.

CFO Facebook Dave Wehner menjelaskan, kenaikan itu karena perusahaan mengembalikan staf yang bekerja dari rumah ke kantor. Selain itu, menambah karyawan, investasi produk, dan biaya hukum yang lebih tinggi.

Berdasarkan data IBES, jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users/MAU) Facebook naik dari 2,7 miliar menjadi 2,74 miliar. Peningkatan ini diprediksi berlanjut hingga akhir tahun.

Penghasilan induk Google, Alphabet juga naik 14% yoy menjadi US$ 46,17 miliar, jauh lebih tinggi dibandingkan proyeksi konsensus 5,9%. Laba bersihnya US$ 11,2 miliar, melampaui perkiraan analis.

Keuntungan itu diperoleh dari pemangkasan biaya pemasaran dan perjalanan, khususnya penurunan 20% pengeluaran untuk peralatan dan konstruksi ruang kerja.

Sama seperti Facebook, pendapatan iklan Google melonjak hampir 10% yoy. Secara rinci, layanan penelusuran (search) tumbuh 6,5% dan YouTube 32%. Perusahaan pun menyumbang 80% dari pendapatan Alphabet.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement