Riset Ipsos: Pengguna ShopeePay Lebih Loyal Dibanding OVO dan GoPay

Fahmi Ahmad Burhan
4 November 2020, 18:08
Riset Ipsos: Pengguna ShopeePay Lebih Loyal Dibanding OVO dan GoPay
Google Play Store
Ilustrasi platform Shopee

Survei perusahaan riset asal Prancis, Ipsos menunjukkan bahwa pengguna ShopeePay lebih loyal ketimbang GoPay besutan Gojek, dan OVO selama tiga bulan terakhir. Selain karena banyaknya promosi atau 'bakar uang', konsumen menilai dompet digital afiliasi Shopee ini mudah digunakan.

Ipsos menggunakan perhitungan net promoter score (NPS) untuk menganalisis pengguna loyal. Skor NPS ShopeePay 42% dari 598 responden, lebih tinggi dibandingkan teknologi finansial (fintech) pembayaran lainnya.

Advertisement

"Di ShopeePay, sudah terbentuk konsumen yang dengan sadar menceritakan pengalaman menariknya," kata Associate Project Director Ipsos Indonesia Indah Tanip dalam acara konferensi pers virtual berjudul ‘Kepuasan, Loyalitas, dan Persepsi Pengguna Dompet Digital di Indonesia’, Rabu (4/11).

Survei itu dilakukan secara online pada 16-23 Oktober. Sampel yang digunakan 1.000 responden berusia 18 tahun ke atas.

Perhitungan NPS mempertimbangkan tingkat kepuasan di tiga kelompok pengguna dompet digital. Pertama, promotor yang puas dan mengenalkannya kepada teman.

Kedua, pengguna pasif yang cukup puas, tetapi tidak mengenalkan lebih lanjut kepada orang lain. Terakhir, konsumen detractors yang merasa tidak puas dan mengeluhkan ketidaknyamanannya di media sosial.

Indah mengatakan, ada cukup banyak pengguna DANA dan LinkAja yang merasa tidak puas. “Keduanya harus berfokus menangani pengguna agar bisa mengalihkan yang tidak puas itu ke arah pasif atau atau bahkan promotor," ujar dia.

Riset Ipsos itu juga menunjukkan tingkat kepuasan pengguna terhadap merek e-wallet dari skala 1-10. ShopeePay merupakan yang tertinggi yakni 82%.

Dompet DigitalSkor NPSJumlah RespondenKepuasan
ShopeePay42%59882%
OVO34%68477%
GoPay28%58071%
DANA27%47569%
LinkAja19%29567%

 Sumber: Ipsos

Indah mengatakan, tingkat kepuasan ShopeePay yang tertinggi karena mudah digunakan. Proses isi saldo (top up) juga cepat. "Selain itu, ada banyak promosi," katanya.

Ipsos juga mencatat, penetrasi layanan ShopeePay selama tiga bulan terakhir merupakan yang tertinggi yakni 48%. Sedangkan OVO 46%, GoPay 35%, DANA 26%, dan LinkAja 16%.

Hal itu tidak terlepas dari pesan e-commerce Shopee dan banyaknya diskon. "Awalnya tergiur dengan program promo bebas ongkos kirim, uang kembali (cashback), dan harga Rp 1. Ini meningkatkan trial rate," ujarnya.

Sebelumnya, riset Snapcart dan MarkPlus juga menunjukkan bahwa ShopeePay memimpin dari sisi jumlah pengguna maupun transaksi selama pandemi Covid-19.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement