Facebook Ungkap Tren Pesta Diskon saat Pandemi, Bisa Jadi Peluang UMKM
Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Facebook mengungkapkan lima tren pesta diskon seperti 11.11 dan 12.12 saat pandemi corona. Informasi ini dinilai bisa menjadi peluang bagi pedagang online atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mendongkrak transaksi.
Pertama, generasi Z atau kelahiran 1997 ke atas dan yang sudah tua (baby boomer) meningkatkan pengeluaran untuk belanja online saat pandemi virus corona. “Ada perubahan kebiasaan dari offline ke online untuk dua kelompok usia ini,” kata Vertical Lead untuk Facebook di Indonesia Aldo Rambie dalam acara Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa (10/11).
Kedua kategori konsumen tersebut dinilai bisa menjadi sasaran pemasaran. Sedangkan kategori produk yang diminati oleh keduanya yakni kebutuhan sehari-hari.
Tren kedua, konsumen semakin sensitif terhadap harga karena pendapatannya menurun saat pandemi Covid-19. Mereka pun cenderung berbelanja saat pesta diskon. “Penjual harus memunculkan obral besar," ujar Aldo.
Tren ketiga, masyarakat menginginkan hiburan karena terlalu lama beraktivitas di rumah. Berdasarkan survei Facebook, 80% dari 1.515 responden ingin membeli produk untuk menghibur diri sendiri.
Keempat, konsumen terbuka terhadap produk atau jasa baru saat pandemi corona. "Mereka mencoba kebiasaan baru, seperti gaya hidup sehat," kata Aldo.