Pesta Diskon Dongkrak Penjualan Lazada hingga Empat Kali Lipat

Fahmi Ahmad Burhan
27 November 2020, 17:06
Lazada: Pesta Diskon Dongkrak Penjualan hingga Empat Kali Lipat
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lazada

Perusahaan e-commerce, Lazada mengklaim bahwa festival belanja seperti 11.11 dan 12.12 mendongkrak transaksi mitra penjual (seller) dua hingga empat kali lipat. Ini karena pesta diskon meningkatkan keterlibatan (engagement) konsumen.

SVP Traffic Operations and Sellers Engagement Haikal Bekti Anggoro mengatakan, keterlibatan pelanggan itu berlangsung selama pesta diskon dan setelahnya. Pada festival 11.11 lalu misalnya, rata-rata transaksi mitra naik 100%.

Advertisement

“Bahkan, ada yang meningkat empat kali lipat,” kata Haikal dalam webinar bertajuk ‘Road to Harbolnas 2020: Cara Jitu Raih Transaksi Berlimpah’, Jumat (27/11).

Ia mengatakan, pedagang perlu aktif menggaet konsumen, salah satunya melalui fitur siaran langsung (live streaming). Layanan ini memungkinkan calon pelanggan melihat produk dari banyak sisi. Ini mendorong mereka untuk bertanya, menawar, dan akhirnya membeli.

Sedangkan Lazada berfokus menyediakan promosi berupa diskon, uang kembali (cashback) hingga gratis ongkos kirim. Pada festival 11.11 misalnya, perusahaan menawarkan jutaan voucer senilai ratusan ribu hingga Rp 1,1 juta.

Selain itu, menawarkan dasbor data operasional yang memuat wawasan dan pengetahuan (insights) terkait penjualan mitra dan bisnis. Informasi ini bisa menjadi dasar bagi penjual dalam menetapkan strategi.

Haikal mengatakan, jumlah mitra penjual di platform meningkat sekitar 100% lebih pada 11.11 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kini, perusahaan asal Singapura itu bersiap menggelar Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement