Saingi Shopee dan JD.ID, Google Pakai AR untuk Belanja Produk Kosmetik

Fahmi Ahmad Burhan
22 Desember 2020, 09:59
Saingi Shopee dan JD.ID, Google Pakai AR untuk Belanja Kosmetik
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Google menguji coba fitur virtual kosmetik menggunakan realitas berimbuh atau augmented reality (AR). Teknologi ini lebih dulu digunakan oleh Shopee dan JD.ID di Indonesia.

Google bekerja sama dengan mitra data ModiFace yang menawarkan teknologi AR untuk merek kecantikan. Selain itu, menggandeng pengembang aplikasi teknologi kecantikan YouCam Makeup, yakni Perfect Corp.

Fitur itu mirip dengan aplikasi Snapchat atau filter Instagram yang menggunakan AR untuk mempercantik gambar. Hanya saja, tujuan AR pada platform Google berbeda yakni untuk bertransaksi pada tab belanja.

"Jika Anda berbelanja produk kecantikan, sulit untuk membuat keputusan tentang barang-barang pribadi seperti itu tanpa mencoba," kata Google dalam unggahan di blog resmi dikutip India Today, akhir pekan lalu (18/12).

Pengguna dapat mencari produk kecantikan yang diinginkan pada tab belanja Google. Kemudian pilih opsi uji coba virtual yang terletak di bagian atas pada hasil pencarian.

Merek-merek ternama yang berpartisipasi dalam penggunaan teknologi itu di Google yakni L'Oréal, Estée Lauder, MAC Cosmetics, Black Opal dan Charlotte Tilbury.

Pengguna dapat mengeklik foto model yang mewakili berbagai warna kulit untuk membandingkan corak dan produk yang tepat.

Selain itu, dapat menyesuaikan produk dengan diri warna kulit sendiri secara virtual menggunakan kamera depan. Beragam lipstik hingga eyeshadow shades ditampilkan di bagian bawah feed kamera.

Teknologi AR pada tab belanja Google
Teknologi AR pada tab belanja Google (Google)

Google mengklaim, teknologi AR tersebut dapat menyesuaikan warna kulit pengguna dengan tingkat pencahayaan tertentu. Kinerja waktu yang diterapkan dalam fitur bersifat real-time dengan resolusi 720p.

Teknologi tersebut diterapkan karena Google mulai meningkatkan layanan berbelanja di platform yang sebelumnya terbatas pada produk berbayar. Tahun ini, anak usaha Alphabet itu mengumumkan akan membuat sebagian besar daftar ritel di tab belanja gratis. 

Selain itu, Google akan menampilkan rekomendasi dari model kecantikan, pakaian, penggemar serta pakar rumah dan taman di tab belanja. Kemudian, terdapat bahasan produk favorit pada konten video di Google Shopping.

Awal tahun ini, platform Google Duo menambahkan serangkaian filter lipstik L’Oreal Paris baru yang dapat digunakan saat melakukan panggilan video. Google juga memakai AR pada filter bertema Diwali, Halloween, dan festival lainnya. Tahun lalu, YouTube juga meluncurkan fitur AR untuk uji coba riasan virtual.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...